Menu

Hendak Melaut, Nelayan Tewas Tercebur

  Dibaca : 776 kali
Hendak Melaut, Nelayan Tewas Tercebur
Penyerahan bantuan APD dari Audy Joinaldy kepada PMI Kota Padang, Kamis (13/8).

Kapal dan pelabuhan
PAINAN, METRO–Hendak pergi melaut untuk menangkap ikan mengunakan boat, seorang nelayan yang bernama Ikis (50), warga Padang Laban, Nagari Pasar Lama Muaro Air Haji, Kecamatan Air Haji, Kabupaten Pesisir Selatan, Minggu (4/10) pukul 05.30 WIB tercebur ke dalam laut. Setelah dilakukan pencarian, akhirnya korban ditemukan dengan kondisi meninggal dunia sekitar satu setengah mil dari lokasi awal tercebur.

Informasi yang dihimpun POSMETRO, Ikis yang sehari-harinya memang seorang nelayan di Pantai Muaro Gadang Air Haji ini, tiba-tiba saja terjatuh dari atas boat yang dinaikinya dan tercebur ke laut, tepatnya di pintu muaro Gadang Air Haji. Setelah lebih dari setengah jam, Ikis tidak kunjung muncul ke permukaan laut dan menghilang.

Menurut Ijub (16), salah seorang nelayan yang saat itu berada diatas boat milik Ikis sempat merasakan kapal mereka oleng. Setelah itu, korban terlihat terjatuh tiba-tiba dari atas boat dan langsung tercebur ke air. Namun, saat hendak mau membantu menyelamatkan korban, Ikis sudah tidak nampak lagi.
“Saya juga sempat menunggu selama setengah jam, tapi dia tidak muncul-muncul ke permukaan, makanya saya minta bantuan ke pinggir. Saya panik pak,” jelas Ijub.

Sementara itu, Kapolres Pessel, AKBP Deni Yuhasdi melalui Kapolsek Air Haji, Iptu Yohanes membenarkan tentang kejadian tersebut. Setelah mendapat informasi, anggotanya langsung turun ke lokasi dibantu dengan Tim SAR BPBD Balai Selasa. Dan sampai saat ini sedang melakukan pencarian di lokasi kejadian.

”Personel kita sudah turun ke lapangan untuk mengamankan lokasi sekitar, sementara tim BPBD tengah melakukan pencarian,” jelas Yohanes.

Terpisah, Kalaksa BPBD Pessel, Pri Nurdin menyebut, pihaknya saat ini memokuskan pencarian di sekitar lokasi korban tercebur hingga 500 meter di sekelilingnya. Sejumlah petugas menggunakan perahu karet dan juga tim penyelam. Pencarian akan terus dilakukan hingga malam nanti, jika tidak bertemu akan dilanjutkan esok hari.

Setelah melakukan penyisiran di lokasi awak korban jatuh, anggota Polsek Air Haji, masyarakat dan Tim SAR BPBD Balai Selasa berhasil menemukan korban sekitar satu setengah mil dari awal lokasi, tepatnya di laut Subang-subang, Kecamatan Air Haji. Namun, saat ditemukan korban sudah tidak bernyawa dan mengambang ke permukaan.

”Petugas yang melakukan pencarian akhirnya menemukan tubuh korban sekitar satu setengah mil dari lokasi awal. Saat ini, jenazah korban sudah dievakuasi dan langsung dilarikan ke rumah duka,” pungkas Pri Nurdin. (cr15)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional