Close

Hayati Bagikan Tips Berkandara Motor disaat Musim Hujan

TIPS— PT. Hayati Pratama Mandiri selaku main dealer sepeda motor Honda Sumbar memberikan tips berkendara disaat musim hujan.

PADANG, METRO–Indonesia merupakan negara tropis yang memi­liki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Berdasarkan informasi yang dikutip di www.­bmkg.go.id, musim hujan di Indonesia masih diperkirakan berlangsung hingga Maret 2023.

Sebagian masyarakat di Indonesia masih ber­mobilitas menggunakan sepeda motor. Nah para pengendara sepeda motor harus meningkatkan kewaspadaan dikala musim hujan karena berpotensi menyebabkan kecelakaan bagi pengguna sepeda mo­tor.

Menurut Safety Riding Manager PT. Hayati Pratama Mandiri, Asri Wirawan mengatakan, di musim hujan sebenarnya sah-sah saja menggunakan sepeda motor, oleh karena itu Honda sudah menciptakan tek­nologi-teknologi kemaanan di sepeda motornya sebut saja fitur ABS (Anti Lock Breaking System) yang akan sangat berguna ketika permukaan jalan dalam keadaan basah.

“Namun berkendara disaat hujan ada hal-hal yang harus diperhatikan lebih oleh si pengendara, mulai dari hal hal kecil seperti kesiapan diri hingga sepeda motor sipeng­gu­na,”ujar Asri.

Untuk itu, Asri membeberkan beberapa tips ber­kendara aman dan nyaman saat menggunakan sepeda motor, pertama pastikan kondisi tubuh saat sebelum berkendara, ja­ngan ber­kendara saat tubuh sedang tidak dalam kondisi prima terutama disaat musim hujan.

“Dimana disaat musim hujan suhu cuaca akan le­bih rendah dari biasanya sehingga bisa saja me­nyebabkan kondisi tubuh tidak prima dan akan mempengaruhi tingkat fokus dan lebih lagi bisa membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain. Oleh sebab itu pastikan kondisi tubuh dalam kondisi prima dan biasakan melakukan peregangan otot sebelum berkendara agar otot tidak kaku saat mengendarai sepeda motor,”kata Asri.

Selanjutnya, gunakan perlengakapan berkendara sesuai standart se­perti helm SNI, kemudian jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu.

“Perlengkapan berkendara ini berfungsi melin­dungi tubuh dari dampak negative kecelakaan dan juga tentunya harus mempersiapkan jas hujan untuk melindungi tubuh saat terjadi hujan lebat,”lanjutnya.

Terakhir, pastikan kendaraan dalam kondisi baik. Saat berkendara dimusim hujan pastikan kendaraan dalam keadaan baik, se­perti kondisi tekanan angin ban motor, kondisi klakson hingga lampu yang menjadi alat komunikasi saat berkendara, sehigga jika dalam keadaan hujan ma­ka pengendara lain bisa melihat kendaraan kita.

“Namun perlu ingat, jikalau hujan dengan intensitas tinggi dan angin kencang kami menyarankan untuk tidak berkendara atau bisa berhenti sejenak dikarena­kan pengendara akan susah mengendalikan kenda­raan dalam kondisi seperti ter­sebut, ”pungkasnya. (rel/rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top