Menu

Hasil Tracing, 15 Orang Diambil Swab

  Dibaca : 162 kali
Hasil Tracing, 15 Orang Diambil Swab
TES SWAB—Sebanyak 15 orang diambil swab hasil tracing pasien baru Covid-19 asal Kubu Anau.

AGAM, METRO
Salah seorang warga Kubu Anau, Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung terkonfirmasi positif Covid-19. Sesuai hasil tracing, didapat 15 orang yang kontak dengan pasien diambil swab, Minggu (28/6). “Hari ini kita bersama Puskesmas Manggopoh melakukan tracing. 15 orang yang kontak telah diambil swab nya,” kata Camat Lubuk Basung Harmezi.

 Sedangkan untuk pasien Covid-19 dengan inisial DN, telah dirujuk ke RSUD Lubuk Basung untuk diberikan perawatan.

Sebelum mengkonfirmasi kasus baru ini, Agam sempat tanpa kasus selama satu bulan. Juru Bicara GTP2 Covid-19 Agam, Khasman Zaini mengatakan, warga yang dinyatakan positif adalah perempuan berusia 27 tahun yang berinisial DN.

Pada 8 Juni 2020, DN pergi ke Medan, Sumatera Utara dan pulang kampung ke Kubu Anau, 24 Juni 2020. Saat berada di Medan, 18 Juni 2020 DN mengaku mengalami sakit dengan gejala awal hilangnya indra penciuman.

“Pada 26 Juni 2020, DN baru memeriksa kesehatan ke bidan dan langsung dilakukan tes swab. Sabtu, 27 Juni 2020 hasil tes swab keluar dan DN dinyatakan positif terinfeksi Covid-19,” kata Khasman.

Dengan adanya kasus baru tersebut, Agam kembali keluar dari zona hijau Covid-19. Sebelumnya, pada 13 Juni lalu semua pasien Covid-19 Agam dinyatakan sembuh.

Pada gelombang I, Agam mencatatkan 18 kasus Covid-19 semenjak dilaporkannya kasus pertama pada 1 Mei 2020. Kasus terakhir Agam dilaporkan pada 30 Mei 2020, setelah seorang warga asal IV Koto terpapar di tempat kerjanya..

Wali Nagari Minta Warga Waspada
Terkait salah seorang warganya di Jorong Kubu Anau terkena Covid-19, Wali Nagari Manggopoh Ridwan, meminta warganya untuk tetap meningkatkan kewaspadaan. “Jangan takut berlebihan apalagi sampai mengucilkan kerabat pasien covid-19,” ujar Wali Nagari Manggopoh Ridwan,, Senin (29/6)

 Hal penting yang dilakukan masyarakat adalah, memutus penyebaran virus tersebut. Salah satunya adalah di rumah saja atau mengurangi berkegiatan di luar rumah jika tidak penting sekali. “Kalau tidak terlalu penting jangan keluar rumah, jika keluar juga pastikan memakai masker serta tetap menjaga imunitas dengan konsumsi makanan bergizi,” harap wali nagari.

Ridwan juga meminta warganya untuk tetap tenang dan menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat sebagaimana dianjurkan pemerintah agar terhindar dari virus corona.

 Menanggapi kasus tersebut, rumah pasien beserta beberapa rumah didekatnya telah disemprot disinfektan oleh petugas kesehatan kemarin. “Termasuk juga seluruh orang yang kontak langsung dengannya juga sudah diswab,” jelasnya mengakhiri. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional