Menu

Hasil Swab Dua PDP Solsel Negatif

  Dibaca : 217 kali
Hasil Swab Dua PDP Solsel Negatif
Kadis Kesehatan Solsel Dr Novirman.

SOLSEL, METRO
Dua Swab tes yang diperiksa di Laboratorium Dioagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang, atas dua Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten Solok Selatan (Solsel) dinyatakan negatif Covid-19, Kamis (16/4).

“Kami mengirim dua Swab, dimana satu Rapid Tes sebelumnya sempat dinyatakan positif, namun hasil swab di laboratorium Unand dinyatakan negatif. Solsel memiliki tiga PDP.

Meski hasilnya negatif namun, namun tetap dilakukan isolasi mandiri di rumah,”ujar Kepala Dinas Kesehatan Solsel yang juga juru bicara gugus tugas, Dr Novirman.

Dijelaskan, untuk Solsel sendiri ada tiga PDP, kami mengirim dua sampel pasien ke laboratorium Unand dan dari hasil swab keduanya negatif. Terkait kondisi ketiga PDP saat ini yaitu satu orang asal Padang Aro sudah selesai dirawat di RSUD pada 9 April kemarin, dengan status masih dalam pengawasan.

Selanjutnya ada “RA” asal Bidar Alam,  saat ini dirawat di RSUD kabupaten dan seorang lagi asal Muara Labuh juga melakukan isolasi mandiri di rumah. “Ketiga pasien ini dalam pengawasan tenaga ahli, jadi hingga saat ini belum ada warga Solsel yang positif Covid-19,” ungkapnya.

Menurutnya, cara menentukan seseorang positif atau tidak terinveksi COVID-19, dengan melalui hasil pemeriksaan laboratorium uji swab tes, dengan pengambilan sampel kepada pasien melalui hidung atau mulut.Sedangkan hasil rapid test merupakan tes cepat yang tingkat akurasinya belum dapat dipastikan dengan baik.

“Untuk menentukan seorang positif, merupakan hasil pemeriksaan laboratorium uji swab, rapid tes hanya uji cepat dan tingkat akurasinya belum dapat dipastikan dengan baik,”sebutnya.

Dikatakannya, hingga hari ini total notifikasi di Solsel sebanyak 1.263 orang, berstatus ODP 11 orang, dan PDP tiga orang. Sedangkan yang sudah selesai notifikasi tercatat 1.937 orang, selesai ODP 93 orang dan selesai PDP satu orang. Untuk kasus kematian (kumulatif) di Solsel, yaitu satu orang ODP dan dua PDP. “Untuk memutus mata rantai penularan dan penyebaran virus Corona ini, patuhilah himbauan pemerintah yang telah disosialisasikan,”katanya. (afr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional