Close

Hasil Survei FKM UI Catat, 86,6 Persen Orang Indonesia PunyaAntibodi Covid-19

Hasil Survei FKM UI Catat, 86,6 Persen Orang Indonesia PunyaAntibodi Covid-19

JAKARTA, METRO–Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) melakukan serologi survei terbesar dalam skala nasional. Ahli Epidemiologi Pandu Riono menjelaskan survei serologi menggam­bar­kan tingkat ke­ke­balan yang dimiliki ma­syarakat terhadap Co­vid-19 dengan lebih akurat. Oleh karena itu, survei ini bisa ber­man­faat bagi peme­rintah un­tuk menjadi dasar pe­rencanaan pengen­dalian pandemi.

“Ini menurut saya, akan membantu peme­rin­tah Indonesia bisa me­ngen­dalikan pan­de­mi dengan lebih te­ren­cana, sustain, dan in­syaallah kita menjadi sebagai salah satu negara per­tama di dunia yang bisa mengendalikan pandemi,” kata Pandu dalam konferensi pers, Jumat (18/3).

Secara umum, hasil survei serologi FKM UI menunjukkan 86,6 persen penduduk Indonesia memiliki antibodi terhadap Covid-19 pada Desember 2021. Salah satu peneliti FKM UI Iwan Ariawan menjelaskan proporsi penduduk yang mempunyai antibodi tertinggi merupakan orang yang sudah divaksinasi dua kali.

“Dari yang belum divaksin, pada saat November-Desember 2021 itu 73,9 persen sudah memiliki antibodi Covid-19,” ujar Iwan. Menurut dia, antibodi yang didapatkan oleh orang yang belum divaksin berasal dari infeksi Covid-19. (mcr9/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top