Menu

Hasil Rapid Test, Dua Warga Dharmasraya Positif Virus

  Dibaca : 427 kali
Hasil Rapid Test, Dua Warga Dharmasraya Positif Virus
dr. Rahmadian Jubir COVID-19 Dharmasraya

DHARMASRAYA, METRO
Jalani pemeriksaan cepat (rapid test), seorang warga Kabupaten Dharmasraya yang pernah kontak dengan pasien positif Covid-19, dinyatakan positif terinfeksi virus. Namun, untuk memastikan apakah positif virus corona atau tidak, dilakukan pengambilan swab untuk diuji di laboratorium Unand.

Kepala Dinas Kesehatan Dharmasraya, yang juga selaku juru bicara Penanganan COVID-19 Dharmasraya, Rahmadian, mengatakan warga yang dinyatakan positif virus dari hasil rapid tes berinisial R (66) berjenis kelamin laki-laki. Warga tersebut sempat melakukan kontak langsung dengan pasien J (59) yang sebelumnya dinyatakan positif.

“Tuan J dan R ini informasinya melakukan sholat magrib berjamaah dan sempat bersalaman. Sementara hasil rapid test terhadap anak dan istri dari pasien J” dinyatakan negatif, begitu juga dengan dokter yang sempat memeriksa pasien J,” kata Rahmadian saat dikonfirmasi Posmetro, Rabu (15/4).

Rahmadian menjelaskan, sementara hasil rapid test terhadap anak dan istri dari pasien J dinyatakan negatif, begitu juga dengan dokter yang sempat memeriksa pasien J.

Sebelumnya pasien J juga sempat melakukan shalat Jumat. Rapid test juga dilakukan terhadap warga yang berada pada deretan saf dan hasilnya negatif.

“Jadi, Tuan R ini bukan anggota keluarga dari Tuan J. Meski satu jorong, rumah mereka agak jauh antara satu dengan yang lain. R ini pernah salat magrib berjamaah di musala dengan Tuan J, dan sempat pula bersalaman. R merupakan salah satu 16 orang yang pernah kontak erat dengan J. Sementara yang 15 orang hasilnya negatif,” ungkap Rahmadian.

Tenaga medis, kata Rahmadian, akan mengambil swab kedua orang itu.  Tuan R akan diambil swab untuk pertama kalinya. Sedangkan Tuan J diambil swab untuk kedua kalinya.

Swab dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah Sungai Dareh, pukul 07.00-07.30 WIB.

“R akan berangkat dari Nagari Koto Laweh dengan ambulan khusus Covid Centre. Sampai di RSUD, kemudian di-swab dan yang bersangkutan diantar lagi dengan ambulan tersebut.

Sedangkan swab langsung diantar ke Padang. Jadi saya tekankan ini baru positif berdasarkan rapit test. Untuk memastikan masih dilakukan pemeriksaan selanjutnya.

Sebelumnya seorang warga Nagari (Desa Adat) Koto Laweh, Kecamatan Koto Besar J (54) sudah dinyatakan positif virus berdasarkan rapid tes. Warga tersebut diketahui memiliki riwayat perjalanan dari Gowa, Sulawesi Selatan. (g)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional