Menu

Hasil Rapid Tes tak Berlaku lagi, Wajib Swab Penumpang Diperpanjang

  Dibaca : 208 kali
Hasil Rapid Tes tak Berlaku lagi, Wajib Swab Penumpang Diperpanjang

MENTAWAI, METRO
Dengan berlakunya wajib swab bagi pelaku perjalanan, maka wajib tes swab diperpanjang bagi pelaku perjalanan dari Padang – Mentawai. Penumpang tidak bisa lagi menunjukkan hasil Rapid Tes yang selama ini berlaku, namun harus menunjukkan hasil swab.

Terhitung mulai Rabu (25/11), pemberlakuan swab yang mau masuk wilayah Mentawai dapat respon positif dari moda transportasi. Diantaranya Mentawai Fast sudah mengumumkan wajib swab itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Mentawai Lahmudin Siregar menyebut, bagi yang tidak memiliki surat bukti swab, tidak dapat membeli tiket. Tindakan itu salah upaya memutus tali rantai penularan Covid-19, hampir 80 persen kasus tersebut impor dari Padang.

Semenjak pemberlakuan swab di Padang, mulai 19, 20, 21 November 2020, sudah 217 orang warga yang masuk Mentawai di swab. Hasil diberlakukan swab hari pertama, dinyatakan 2 orang positif Covid-19.

“Saat ini kita mulai menghadapi libur Natal dan tahun baru. Dalam hal ini aturan perlu diperketat,” ujar Lahmuddin yang juga Juru bicara Penanganan dan Pencegahan Covid-19 bidang kesehatan ini.

Dijelaskan, hasil rapid selama ini tidak menjamin seseorang negatif Covid. Karena, bisa saja hasil Rapid negatif namun setelah diswab hasilnya jadi positif.

Dari jumlah kasus saat ini ada 177 orang yang positif, sebagiannya berasal dari kluster perjalanan dari Padang. “Sebenarnya kasus positif lebih dari angka di atas. Kadang ada pasien positif yang tidak berasal dari Mentawai kita tidak hitung,” kata Lahmuddin.

“Kita berpengalaman bahwa orang yang melakukan perjalanan dari Padang sering ditemukan positif Covid-19. Positif rate Mentawai termasuk tinggi, Orang ini diketahui positif Covid pada swab pertama bagi orang kelima. Indikasinya telah terjadi penularan. Sangat dimungkinkan, sudah banyak masyarakat terpapar,” terang Lahmudin.(s)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional