Menu

Hasil Pertanian Solsel Terus Ditingkatkan, Pemkab Salurkan Bantuan Alsintan Rp3,5 M

  Dibaca : 72 kali
Hasil Pertanian Solsel Terus Ditingkatkan, Pemkab Salurkan Bantuan Alsintan Rp3,5 M
COBA ALSINTAN— Bupati Solsel, H Muzni Zakaria saat mencoba pemakaian alat mesin pertanian (Alsintan) saat akan diserahkan kepada kelompok penerima.

Selama tahun 2018 ini, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) telah menyalurkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) senilai Rp3,5 miliar. Bantuan yang disalurkan oleh Dinas Pertanian ini bersumber dari APBD Solsel, APBD Pemprov dan juga APBN.

Alinstan yang diserahkan ini terdiri dari berbagai macam bentuk terdiri dari 10 jenis. Kepala Dinas Pertanian Solsel, Tri Handoyo Gunardi mengatakan, dari Rp 3,5 miliar bantuan yang diserahkan ini, ada 10 jenis untuk alat pertanian dan telah diserahkan kepada kelompok penerimanya.

Bantuan ini, lanjutnya, diserahkan kepada berbagai kelompok yang menyebar di seluruh wilayah Solsel. “Bantuan senilai Rp3,5 miliar ini telah diserahkan kepada kelompok penerimanya,” ungkapnya.

Dirinci Tri Handoyo, alinstan yang diserahkan berupa traktor roda 2 sebanyak 70 unit, traktor roda 4 sebanyak 2 unit, mesin potong rumput 33 unit dan Handsprayer mesin sebanyak 33 unit.

Lalu, corn Sheller 9 unit, Power thresher 13 unit, pompa air 25 unit, Cultivator 10 unit, Automatic Handsprayer 40 unit, alat tanam jagung 25 unit dan Mouisstire tester 1 unit. “Berbagai jenis bantuan ini, bersumber dari APBN, APBD Provinsi dan APBD kabupaten. Alat ini telah kita serahkan,” sebutnya.

Menurutnya, dengan bantuan yang diberikan ini, tentunya akan mampu meningkatkan hasil pertanian masyarakat. Dengan adanya alinstan ini, tentunya pengerjaan lebih mudah dan cepat selesai.

Selain itu terang Tro, dengan menggunakan alinstan ini, tentunya biaya yang dikeluarkan tidak sebanyak memakai peralatan tradisional atau biaya operasionalnya lebih kecil. “Kami tentu berharap, tahun berikutnya masih ada lagi alinstan yang disalurlan kepada petani melalui kelompok-kelompok penerima sesuai denga kebutuhannya,” tutupnya. (afr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional