Menu

Hasil Laboratorium FK Unand, Sawahlunto Klaim Sudah Putus Rantai Penularan Corona

  Dibaca : 177 kali
Hasil Laboratorium FK Unand, Sawahlunto Klaim Sudah Putus Rantai Penularan Corona
CUCI TANGAN— Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti, menerapkan protokol kesehatan dengan cara mencuci tangan saat melakukan peninjauan di sejumlah sekolah saat pembelajaran tatap muka. Saat ini, Kota Sawahlunto sudah terputus dengan kasus Covid-19.

SAWAHLUNTO, METRO
Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK Unand)  menyatakan rantai penularan Covid – 19 di Sawahlunto untuk sementara dinyatakan sudah terputus. Pernyataan ini didasarkan pada15 Orang Tanpa Gejala (OTG) yang dikarantina saat ini semuanya sudah dinyatakan negatif hasil pemeriksaan tes swab.

Sementara, untuk dari hasil tracking terhadap 14 orang yang terkontak erat, hasilnya juga sudah negatif seluruhnya.

Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti, Rabu (27/1), menyampaikan bersyukur atas terputusnya rantai penularan Covid-19 di Kota Sawahlunto tersebut. Wawako berharap dengan terputusnya rantai penularan ini, maka minggu depan Kota Sawahlunto sudah bisa kembali berstatus sebagai daerah zona kuning.

”Alhamdulillah, untuk sekarang ini kita sudah dinyatakan bersih dari rantai penularan. Mari kita jaga agar status ini bertahan dengan menerapkan protokol kesehatan. Kita optimis kalau situasi rantai penularan yang sudah terputus ini dipertahankan, minggu depan Sawahlunto sudah kembali sebagai daerah zona kuning,” pungkasnya.

Penularan virus Covid-19 dapat diminimalisasi dengan tertib menerapkan protokol kesehatan. Jangan lupa selalu #ingatpesanibu dan menerapkan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Selain itu, menurut wawako pentingnya upaya menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas efektif memutus rantai penularan Covid-19.

”Selain seruan 3M, yaitu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, mengenakan masker, dan menjaga jarak, perlu dilakukan langkah 3H, yaitu hindari kerumunan, hindari kontak erat, dan hindari ruang tertutup,” ulasnya.

”Jika kita mencuci tangan secara teratur, mengenakan masker wajah, dan menjaga jarak sosial satu sama lain, maka sebagian besar potensi penyebaran Covid-19 akan terhenti. Ketiga perilaku sederhana ini dapat amat efektif menghentikan rantai penyebaran virus corona, bahkan tanpa vaksin atau perawatan tambahan,” pungkasnya. (cr2)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional