Menu

Harimau Dahan Mengamuk, 5 Kambing Dimangsa 

  Dibaca : 215 kali
Harimau Dahan Mengamuk, 5 Kambing Dimangsa 
HARIMAU DAHAN— Petugas BKSD Sumbar saat melakukan evakuasi harimau dahan yang masuk perangkap usai memangsa ternak warga di Kabupaten Limapuluh Kota.

LIMAPULUH KOTA, METRO
Harimau Dahan dilaporkan memangsa lima ekor ternak kambing milik masyarakat di Ateh Padang, Jorong Sikabukabu, Nagari Tanjung Aro, Kecamatan Luhak, Kabupaten Limapuluh Kota, sepanjang Rabu (3/3) dan Kamis (4/3).

Wali Nagari Tanjung Aro Sikabukabu Nofrizal menyebutkan, Dua hari ternak warga dimangsa binatang Buas. Kemudian pihak Nagari langsung menyampaikan kejadian itu ke Resor BKSDA Kabupaten Limapuluh Kota, usai menerima laporan dari warganya.

“Berdasarkan analisa dilapangan, kita simpulkan sementara besar kemungkinan ini adalah ulah binatang buas. Bagi masyarakat kami di sekitar lokasi agar bisa tenang. Kejadian ini sudah kami laporkan ke pihak BKSDA yang menangani bidang satwa liar dan langsung merespon dengan datang kelokasi kejadian,” sebutnya.

Usai mendapatkan laporan tersebut, BKSDA Resor Limapuluh Kota dibantu masyarakat sekitar berhasil menangkap Harimau Dahan dengan Jenis Kelamin Jantan ini melalui perangkap yang dipasang dekat rumpun Bambu tidak jauh dari kandang Kambing milik warga. Hanya berjarak Satu setengah jam usai dipasang perangkap milik BKSDA Resor Limapuluh Kota, Harimau Dahan berhasil masuk perangkap pukul 18.28 WIB.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah 1 BKSDA Sumbar, Khairi Ramadhan, didampingi Kepala BKSDA Resor Limapuluh Kota, Martias dan Edi Susilo Pengendali Ekosistim Hutan BKSD Sumbar, usai mengevakuasi Harimau Dahan dari lokasi menyebut bahwa kondisi Harimau Dahan tidak stres sehingga tidak perlu dilakukan observasi.

“Iya, kita mendapat laporan dari masyarakat Sikabukabu ada Lima ekor ternak Kambing milik warga yang dimangsa binatang buas. Mendapat laporan itu kita langsung menuju lokasi dan melihat jejaknya, kemudian kita pasang perangkap dengan memakai umpan Kambing yang sudah dimakannya pada Kamis pukul 16.00 WIB, hanya berselang Satu setengah jam, tempat pukul 18.28 WIB sudah masuk perangkap,” ungkap, Khairi Ramadhan kepada wartawan, Jumat (5/3).

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional