Close

Hari Pertama Ujian Sekolah, Sekolah Terapkan Prokes Ketat

TERAPKAN PROKES— Pelaksanaan US di Kota Payakumbuh dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

SUDIRMAN, METRO
Hari pertama pelaksanaan Ujian Sekolah (US) di Kota Payakumbuh berjalan dengan lancar dan aman. Pelaksanaan US berlangsung dengan penerapatan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian covid-19 secara ketat. Sebelum masuk ruangan ujian, siswa wajib mencuci tangan dengan air mengalir pakai sabun ditempat yang sudah disediakan sekolah.

Selain itu, pemeriksaan suhu tubuh dilakukan kepada masing-masing pelajar. Pihak sekolah juga melakukan pemeriksaan terhadap penggunaan Masker, baik peserta ujian maupun pengawas dari dalam maupun luar sekolah serta panitia ujian. Tidak itu saja, pihak sekolah juga menyedihkan Handsanitizer di seluruh ruangan.

Menurut Kepala SMP N 9 Kota Payakumbuh, Syafrida, pihaknya mengetatkan Protokol Kesehatan bagi seluruh peserta ujian, panitia dan pengawas termasuk majelis guru yang bertugas saat ujian dilaksanakan, dengan harapan tidak ada lagi Penambahan Kasus Positif Covid-19 dikalangan guru maupun pelajar. Penerapan Protokol Kesehatan juga sesuai petunjuk Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh.

“Iya, untuk pelaksanaan Ujian Sekolah di tengah Pandemi Covid-19 tahun ini, kita mengetatkan Penerapan Protokol Kesehatan. Mulai dari pemeriksaan suhu tubuh saat memasuki lingkungan sekolah, penggunaan masker, penyediaan tempat cuci tangan di dalam dan luar ruangan,” sebut Kepala SMP N 9, Syafrida, Senin (29/3) di sela-sela pelaksanaan Ujian kepada wartawan.

Ia juga menambahkan, materi ujian di hari pertama tersebut meliputi Bahasa Indonesia dan Pendidikan Agama Islam (PAI). Ujian sekolah direncanakan berlangsung hingga Kamis besok. Sementara jumlah peserta Ujian di Sekolah Adiwiyata tingkat Propinsi itu mencapai 180 orang.

“Jumlah peserta Ujiam Sekolah kita tahun ini mencapai 180 orang dengan jumlah kelas pelaksanaan sebanyak 9 kelas. Ujian kita mulai sejak pukul 7.30 pagi dengan pelaksanaan Protokol Kesehatan secara ketat,” ucapnya.

Pelaksanaan Ujian Sekolah juga diawasi oleh pengawas dari luar sekolah. Rahmad Hidayat, salah seorang pengawas dari Kementerian Agama Kota Payakumbuh menyebutkan bahwa penerapan Protokol Kesehatan oleh sekolah dalam pelaksanaan Ujian Sekolah sangat baik.

“Hari ini kami turun untuk melakukan pengawasan Ujian Sekolah ke beberapa sekolah di Payakumbuh, pelaksanaan Protokol Kesehatan telah berjalan dengan baik. Baik penggunaan masker, penyediaan tempat cuci tangan dan lainnya,” sebut Rahmad diamini Resi Susanti. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top