Menu

Hari Pertama Penerapan Sanksi Perda AKB, 37 Pelanggar Prokes Dihukum Menyapu Taman RTH Logas

  Dibaca : 184 kali
Hari Pertama Penerapan Sanksi Perda AKB, 37 Pelanggar Prokes Dihukum Menyapu Taman RTH Logas
MENYAPU TAMAN LOGAS— Warga yang kedapatan melanggar Protokol Kesehatan (Prokes) diberikan hukuman sanksi sosial. Kemarin, warga yang tidak memakai masker dihukum oleh Tim Gabungan Yustisi Kabupaten Sijunjung menyapu taman RTH Logas.

SIJUNJUNG, METRO
Hari pertama operasi yustisi dilaksanakan di Kabupaten Sijunjung, sebanyak 37 pelanggar protokol kesehatan dikenakan sanksi sosial. Penegakan Perda AKB itu melibatkan sejumlah personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, BPBD dan instansi lainnya.

Penerapan Perda AKB baru pertama kali digelar di Sijunjung, setelah sebelumnya sosialisasi juga telah digelar oleh tim dari provinsi. ”Hari pertama digelar ditemukan pelanggar prokes yang tidak memakai masker. Para pelanggar ditindak dan dikenakan sanksi sosial yaitu, menyapu taman RTH Logas,” tutur Kasubag Humas Iptu Nasrul Nurdin.

Dijelaskannya, dalam beberapa waktu kedepan, penegakan Perda AKB masih berupa sanksi sosial, dikarenakan masih baru tahap sosialisasi. ”Secara perlahan kita kenalkan ke masyarakat. Sekarang baru sanksi sosial, apalagi ini hari pertama operasi yustisi digelar,” katanya.

Selain melakukan penindakan, petugas juga menggelar sosialisasi Prokes dan Perda AKB kepada masyarakat. ”Di hari pertama penerapan kita langsung melakukan penindakan terhadap pelanggar. Tapi juga dengan penyampaian tentang informasi penerapan pada warga tentang adanya Perda AKB ditengah pandemi Covid-19 ini,” jelasnya.

Tidak hanya serta merta menindak, bagi pelanggar yang tidak pakai masker diberikan langsung masker gratis. ”Tim ga memberikan masker gratis kepada pelanggar, dengan menegaskan agar tidak melakukan pelanggaran lagi nantinya,” sebutnya, Rabu (21/10).

Selain digelar dipusat kabupaten, penegakan Perda AKB akan menyisiri daerah hingga ke tingkat nagari dan jorong di Kabupaten Sijunjung. ”Nanti akan dilakukan secara menyeluruh. Terutama di tempat keramaian dan dijalanan. Dengan demikian kesadaran masyarakat kita harapkan bisa meningkat untuk penerapan Prokes,” tambahnya. (ndo)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional