Close

Hari Pertama Layanan Pembayaran PBB di Pasar Pusat Padang Panjang, BPKD Layani 80 Transaksi

KUKUHKAN— Bupati Eka Putra saat Pengukuhan Panitia Kerja dan Panitia Penyelenggara MTQ Nasional ke-41 tingkat Kabupaten Tanahdatar.

PDG.PANJANG, METRO–Hari pertama dibuka­nya layanan pembayaran PBB (Pajak Bumi dan Ba­ngunan) di pendestrian Pasar Pusat Padang Panjang, yang digelar Badan Pengelola Keuangan Dae­rah (BPKD), Senin (13/6), terhimpun penerimaan pajak sebesar Rp 7,1 juta dari 80 transaksi.

Kepala BPKD, Dr. Wi­narno, M.E kepada Kominfo, Selasa (14/6) menyampaikan, dibukanya layanan ini merupakan salah satu upaya kita guna optima­lisasi pendapatan asli da­erah (PAD) terutama Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2),

Selain itu, juga untuk memudahkan masyarakat membayar PBB-P2 yang menjadi kewajiban mereka. “Alhamdulillah animo ma­syarakat pada hari pertama kemarin, cukup tinggi. Baik itu pembayaran melalui M-Banking maupun tu­nai,” sebutnya.

Dikatakannya, layanan berlangsung sejak kema­rin, sampai 30 Juni mendatang. Sebagai upaya mendongkrak capaian realisasi pembayaran PBB di Kota Padang Panjang.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat melakukan pelunasan PBB sebelum jatuh tempo pada 31 Oktober. “Untuk warga yang melakukan transaksi pembayaran di sini, kami menyediakan souvenir me­narik.

Dikatakannya lagi, me­lalui layanan ini pihaknya juga memberikan sosia­lisasi kepada masyarakat mengenai pembayaran yang sudah bisa dilakukan melalui pindai Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Sebelumnya pembayaran PBB-P2 dapat dilunasi melalui aplikasi Gojek (GoBills). Serta sosialisasi pembayaran tagihan piutang PBB-P2 tahun-tahun sebelumnya.

“Ke depan kita juga akan memperluas saluran pembayaran melalui Tokopedia,” tambahnya seraya menyebutkan tahun ini penetapan PBB Padang Panjang sebesar Rp1,35 miliar.

Pihaknya berharap de­ngan kegiatan ini, dapat mendorong dan menaikkan tingkat partisipasi ma­syarakat dalam kewajiban membayar pajak selaku warga negara yang baik. “Kita berharap warga kota dapat memanfaatkan ke­sempatan ini sebaik mung­kin,” harapnya.

Salah satu warga, Nurul Fitria menyambut baik dengan dibukanya layanan ini.  “Sangat memudahkan sekali. Kadang kita kalau ke bank agak lama ngantrenya. Kalau di sini kita bisa sambil berbelanja ke pasar. Sangat membantu, kalau bisa diadakan tiap tahun di sini,” harapnya. (rmd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top