Close

Hari ini Wako Definitif Dilantik, DPRD Berharap Wawako Baru Ngerti Padang

Amasrul

SAWAHAN, METRO
Hari ini, Rabu (7/4), warga Kota Padang akan memiliki wali kota baru. Gubernur Sumbar H.Mahyeldi Ansharullah akan melantik Wali Kota Padang Hendri Septa definitif, di Istana Gubernur.

Sekretaris Daerah Kota Padang Amasrul, mengakui Surat Keputusan (SK) pengangkatan Plt Wali Kota Padang Hendri Septa menjadi Wali Kota Padang definitif telah diterbitkan oleh Kemendagri RI pada 28 Maret 2021.

Salinan SK pengangkatan tersebut baru diterima oleh Biro Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat pada 1 April 2021. Pada saat yang sama juga telah terbitkan SK pemberhentian Mahyeldi sebagai Wali Kota Padang sebelumnya.

“Untuk proses pelantikan Pemerintah Kota Padang tentunya akan menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelantikan Bapak Wali Kota tersebut,” kata Amasrul.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Arnedi Yarmen menyampaikan sampai sekarang belum ada jadwal di Badan Musyawarah (Bamus) DPRD untuk pelewaan Wali Kota Padang, Hendri Septa.

“Pelantikannya tentu diselesaikan yang di Istana Gubernur dulu,” ujar Arnedi Yarmen, Selasa (6/4).

Ia menyampaikan, apabila perlu dilewakan di DPRD Padang, maka pimpinan akan menjadwalkan waktunya. “Setahunya jika Gubernur sudah melantik Hendri, prosesnya telah usai dan Hendri sah menahkodai Padang,” katanya.

Lalu, tentang Wawako yang akan mendampingi Hendri Septa antara PAN dan PKS. Mekanismenya, dua partai itu mengusulkan calon dan dikirim ke Mendagri. “Siapa calon yang ditetapkan Pusat nanti, barulah di DPRD Padang dipilih cawawako,” ulasnya.

Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani membenarkan hal itu dan menginginkan pendamping Wali Kota Padang, Hendri Septa sosoknya yang mampu membawa perubahan untuk Padang ke depan.

“Kita berharap Wawako Padang yang mendampingi Hendri Septa adalah yang bisa meningkatkan ekonomi ditengah pandemi corona serta merubah wajah kota ini lebih baik lagi,” ujar kader Gerindra ini. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top