Close

Hari ini, Padang Ekspres Rayakan HUT ke-24

Mhd Nazir Fahmi Direktur Padang Ekspres

PADANG, METRO–Hari ini, Rabu (25/1), Koran Harian Padang Ekspres genap berusia 24 tahun. Beragam kegiatan pun disajikan oleh Harian Padang Ekspres untuk memeriahkan peringa­tan  hari ulang tahunnya.

Seperti, turnamen sepakbola akan digelar pada 3-5 Februari men­datang di Universitas Negeri Padang. Padek Cup 2023 ini merupakan turnamen sepak bola antar SSB se-Sumbar dengan kategori U-10 dengan tahun kelahiran 2012-2013 dan U-12 de­ngan tahun kelahiran 2010-2011.

Pada Selasa (24/1), Padang Ekspres Padek menggelar seminar di Gedung Graha Pena Pa­dang. Seminar ini meng­angkat tema “Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Optimalisasi Pembangunan Nagari” yang dihadiri perwakilan wali nagari, direktur BUMNag, dan perwakilan pemerintah daerah.

Selain itu juga didatangkan beberap orang  narasumber yaitu Kepala Dinas PMD (Pemberdayaan Ma­syarakat dan Desa), Amas­rul, Direktur NDC Unand, Feri Arlius, Kepala Balai Pelatihan Vokasi dan Pro­duktivitas (BPVP) Padang, Eka Cahyana Adi, Regional Corporate Affair Manager Coca-Cola Europacific Partners Indonesia, Yayan Sopian dan Perwakilan Bank Indonesia (BI) dihadiri oleh Deputi Kepala Perwakilan, Christoveny.

“Nagari ataupun desa merupakan ujung tombak ekonomi di Sumatera Barat (Sumbar). Maka dari itu sangat penting bagi seluruh pihak terutama pemerintah membantu dan mendorong bagaimana eko­nomi di seluruh nagari yang ada dapat kembali bangkit dan berkembang di Sumbar,” ungkap Direktur Padang Ekspres, Mhd Nazir Fahmi dalam diskusi bersama Wali Nagari dan Bamus yang ada di 14 Kabupaten di Sumbar.

Dalam diskusi tersebut Nazir Fahmi menyampaikan bagaimana dan seperti apa peran media mendorong pembangunan, ser­ta pemulihan ekonomi nagari yang sempat karam akibat pandemi covid-19 yang melanda.

“Bagi kami (Padang Ekspres) nagari merupakan ujung tombak ekonomi di Sumbar. Beberapa hal yang sudah kita lakukan, yaitu bagaimana mengangkat potensi ekonomi nagari sesuai dengan cara jurnalis. Seperti membuka halaman-halaman yang berkaitan dengan ekonomi nagari,” ucapnya.

Dia menyebutkan setiap harinya Padang Ekspres selalu menerbitkan halaman yang memang khusus untuk membuat nagari bisa maju secara bersama. Adapun halaman yang dimaksud seperti Palanta Wisata, dimana halaman ini bertujuan untuk mengangkat potensi wisata nagari.

“Dimana kita siap setiap minggunya kita mengangkat liputan palanta wisata di koran Padang Ekspres, kita juga punya halaman UMKM yang mengangkat UMKM di nagari-nagari. Kemudian untun mendukung nagari lainnya, kita membuka halaman Kan­durian,” sebutnya.

Halaman Kandurian ini berisikan tulisan makan durian, yang mana tidak semua jenis durian dapat diketahui. Melalui halaman ini pengetahuan terhadap macam-macam durian pun bertambah, dan potensi durian pun menjadi betul-betul terangkat. Berikutnya, Padang Ekspres juga telah membuka halaman clean and healthy, yang mengangkat potensi nagari dalam hal pemanfaatan sesuatu dibuang menjadi bernilai ekonomi tinggi.

“Dimana kita mencoba mengangkat bank-bank sampah dan ini juga mengangkat potensi nagari yang ada. Dan Padek juga menyusun untuk itu, ba­gaimana nagari nanti bisa bekerjasama dengan kita untuk mengelola sampah menjadi uang. Walaupun sebagian sudah terkelola, tapi ada yang belum terkelola dengan baik,” paparnya.

Berikutnya, Koran Pa­dang Ekspres juga menerbitkan halaman nagari. Halaman yang memang ditujukan untuk mendu­kung pembangunan dan pe­ngembangan nagari-nagari, dan rata-rata semua pemberitaannya berkaitan dengan nagari.

“Maka dari itu, melalui diskusi kita hari ini (24/1) bisa mendengar dari BI, Dinas PMD, dan nara­sum­ber lainnya bagaimana melihat nagari dan potensi pembangunan ekonomi kedepannya,” ujarnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top