Close

Hari ini, Irjen Pol Suharyono Dilantik jadi Kapolda Sumbar

Irjen Pol Suharyono

PADANG, METRO–Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo dijadwalkan melan­tik Irjen Pol Suhar­yono seba­gai Kapolda Sum­bar yang baru di Mabes Polri Jakarta pada hari ini, Selasa (18/10). Pelantikan itu juga berba­rengan dengan pelan­tikan beberapa Kapolda lain­nya.

Kabid Humas Polda Sum­bar Kombes Pol Dwi Sulisy­tyawan mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan informasi terkait pelantikan Kapolda Sum­bar yang baru. Menurutnya, Kapolda Sumbar akan dilantik oleh Kapolri di Jakarta.

“Informasi yang kami dapatkan, Insya Allah Bapak Irjen Pol Suharyono akan dilantik menjadi Kapolda Sumbar besok, Selasa  (18/10). Prosesi pelantikan di Mabes Polri oleh Kapolri,” sebut Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistyawan, Senin, (17/10).

Menurut Kombes Pol Dwi, setelah mengikuti prosesi pelantikan, maka Irjen Pol Suharyono akan segera bertolak ke Sumbar mengunakan pesawat. Dikabarkan, pelantikan Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono  seiring juga pelantikan sejumlah Kapolda se-Indonesia.

“Jika tidak ada kendala atau perubahan kegiatan, selepas prosesi pelantikan Bapak Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono langsung terbang menuju Sumbar, kalau pelantikannya dilaksankan pada pagi hari, namun jika sore, diperkirakan esoknya ke Sumbar,” ujarnya.

Kombes Pol Dwi menuturkan, sesampai di Pa­dang, Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono langsung disambut oleh Wa­kapolda dan serta Pejabat Utama (Pju) di bandara. Setiba di Mapolda Sumbar, akan ada kegiatan penyambutan Kapolda Sum­bar yang baru.

“Pada malam harinya Kapolda Irjen Pol Suharyono menghadiri kegiatan gala dinner dengan Gubernur, Wakil Gubernur serta Forkopimda Sumbar. Itu jika  pelantikannya pagi hari. Tapi jika sore maka dialihkan pada esoknya,” ungkap Kombes Pol Dwi.

Diketahui, pelantikan ini berdasarkan pada surat telegram Kapolri bernomor ST/2223/X/KEP/2022 yang diterbitkan tanggal 14 Oktober lalu. Irjen Pol Suharyono yang sebelumnya menjabat Pati Bareskrim Polri ditunjuk oleh Kapolda Sumbar menjabat sebagai Kapolda Sumbar.

Padahal, dalam Surat Telegram Kapolri sebelumnnya, Irjen Pol Rusdi Hartono yang ditunjuk menjadi Kapolda Sumbar menggantikan Irjen Pol Teddy Minahasa Putra. Namun, pada mutasi terbaru, Irjen Rusdi Hartono batal jadi Kapolda Sumbar dan digeser menjadi Ka­polda Jambi. Sementara, Irjen Pol Teddy Minahasa, ditempatkan sebagai Perwira Tinggi (Pati) Pelayanan Markas (Yanma) Mabes Polri. (rgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top