Menu

Hari Amal Bhakti (HAB) ke-75, Usung Semangat Kerukunan Beragama

  Dibaca : 63 kali
Hari Amal Bhakti (HAB) ke-75, Usung Semangat Kerukunan Beragama
UPACARA— Jajaran Kemenag Kota Sawahlunto mengikuti upacara memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke-75 tahun 2021.

SAWAHLUNTO, METRO
Kementerian Agama (Kemenag) memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke-75 tahun 2021 di lingkungan Kota Sawahlunto. Dalam HAB ke-75 ini Kementrian Agama mengusung tema “Hidup Rukun”. Tema ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju, Selasa (5/1).

Acara tersebut dihadiri WaliKota Sawahlunto Deri Asta dan Wawako Zoirin Sayuti, Plt Kakan Kemenag dan unsur Forkopimda Sawahlunto. Bertindak sebagai inspektur upacara pada puncak Peringatan HAB ke-75 tersebut langsung Wako Deri Asta.

Deri membacakan amanat Menteri Agama mengenai toleransi dan kerukunan antar umat beragama menjadi modal untuk kemajuan bangsa. Itu harus dilakukan tanpa mengusik akidah dan keimanan masing-masing pemeluk agama.

“Pengalaman membuktikan bahwa toleransi dan kerukunan tidak hanya tercipta dari satu pihak, sedangkan dari pihak yang lain berpegang pada hak-haknya sendiri. Dewasa ini kita mengembangkan moderasi beragama, agar toleransi dan kerukunan yang sudah ada, lebih mengakar di dalam kehidupan sehari hari Bangsa kita,” ungkap Deri.

Sebelum mengakhiri sambutan mentri agama, Deri juga mengajak untuk sama-sama mengedepankan akal sehat dan hikmah/kebijakan dalam menyikapi berbagai persoalan ke umatan dan kebangsaan. Baik saat ini maupun di masa masa yang akan datang.

Peringatan HAB ke-75 juga diwarnai dengan penyematan Satya Lencana Karya Satya kepada ASN yang telah mengabdi selama 10, 20 dan 30 tahun di Lingkup Kemenag.

Usai pelaksanaan upacara, Walikota ,Wakil Walikota dan Plt Kemenag meresmikan tiga buah gedung sekolah baru di lingkup MTsN yang berasal dari dana hibah Pemerintah kota Sawahlunto, kemudian dilanjutkan makan bersama. (cr2)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional