Close

Harga TBS Normal, Sembako Fluktuatif di Kabu­paten Pesisir Selatan

PESSEL, METRO–Harga sembako di be­berapa pasar di Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabu­paten Pesisir Selatan di te­ngah pandemi Covid -19, tidak terlalu memberikan dampak pada sejumblah kebutuhan pokok di tengah masyarakat.

Hal lain juga tidak mem­berikan pengaruh pada har­ga tanda buah segar ( TBS) pada para petani sawit. Wa­laupun pandemi Covid -19 pada sekarang.

Adil salah seorang petani sawit di daerah Indrapura, Kecamatan IV Jurai, Kabu­paten Pesisir Selatan me­ngatakan, untuk harga sawit ( TBS) di tingkat petani Rp. 19 ribu/ kilo, penggepul Rp.18.5 ribu/kilo. Sedangkan harga pabrik Rp.19 ribu/kilonya.

Walaupun harga TBS di tempat nya masih relatif normal, dan belum ada penu­runan harga. Adil cukup was – was juga harga sawit bisa turun,, apalagi saat stok sawit di pabrik cukup ba­nyak.

Sementara itu untuk se­jum­blah kebutuhan kebu­tuhan pokok di pasar inpres painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan. Terpantau kunjungan warga untuk membeli kebutuhan pokok masih normal.

Ratih salah soerang pe­dagang kebutuhan pokok ada di pasar inprea painan, harga beras jenis sokan dan anak daroh Rp. 120/ kilo, cabe merah Rp. 15 ribu/kilo nya, pada media. Rabu (1/9/2021).

Sedangkan kata Ratih, harga minyak goreng Rp. 16/ kilo, telur ayam kampung 1 lapik Rp. 45 ribu, dan gula pasir 1 kilo Rp. 14 ribu.

Sementara itu Iyuk war­ga painan, walaupun tidak seluruh harga kebutuhan pokok naik, tapi hal tersebut cukup memberikan rasa kecemasan jika sewaktu – waktu harga kebutuhan po­kok naik.

Sekarang saja harga mi­nyak goreng naik Rp.2.000 ribu rupiah/ kilonya dari Rp. 14.000 ribu rupiah/ kilonya menjadi Rp.16.000 ribu rupiah/ kilonya. Untuk harga telur ayam kampung dari Rp. 40.000/ karpet menjadi Rp.­45.000/karpet, naik Rp.5.000 ribu/karpet.

Agar, tidak kesetabilan harga kebutuhan pokok Iyuk berharap ada kegiatan pan­tuan pasar dari dinas terkait. tekuk nya. (rio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top