Menu

Harga Sembako Naik Usai Lebaran di Kota Padang

  Dibaca : 125 kali
Harga Sembako Naik Usai Lebaran di Kota Padang

PASAR RAYA, METRO–Harga sejumlah bahan pokok merangkak naik dua hari usai Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Sejumlah komiditi pokok yang menjadi kebutuhan sehari-hari tersebut naik akibat pasokan berkurang karena libur Lebaran.

Kenaikan harga terjadi pada ikan, cabai merah, bawang merah dan berbagai jenis sayuran. Sejumlah pedagang mengaku kenaikan harga dipicu karena pasokan berkurang. ”Mungkin karena pasokan kurang dari daerah sehingga harga naik,” kata Emi (50), salah seorang pedagang, Minggu (16/5).

Untuk cabai merah, kemarin diperjualbelikan dengan harga Rp46 ribu/kilogram. Kemudian, lonjakan harga juga terjadi pada berbagai jenis ikan. Seperti ikan gambolo yang biasanya dijual dengan harga Rp30 ribuan sekarang menjadi Rp48 ribu hingga Rp50 ribu per kilogram.

Begitu juga dengan jenud ikan gambolo sarai yang biasa dijual Rp18 ribu/kilogram, sekarang naik menjadi Rp25 ribu/kilogram. Sementara daging sapi segar dari harga Rp120.000, kini naik menjadi Rp130.000 per kilogram.

”Nelayan tidak melaut karena lebaran. Makanya harga naik semua,” kata Uwan (45), pedagang ikan.

Kenaikan juga terjadi pada beberapa jenis sayuran. Seperti timun, labu diam, wortel, lobak dan lainnya.

Hingga kemarin aktivitas pedagang di Pasar Raya Padang masih berjalan normal. Meski demikian, masih banyak pedagang yang tutup karena menikmati libur Lebaran.  (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional