Menu

Harga Kartu Brizzi Rp30 Ribu Mahal, Pelajar Terpaksa Minta Uang Tambahan ke Ortu

  Dibaca : 154 kali
Harga Kartu Brizzi Rp30 Ribu Mahal, Pelajar Terpaksa Minta Uang Tambahan ke Ortu
PENGGUNAA BRIZZI— Petugas Dishub ditugaskan di beberapa halte Trans Padang untuk mensosialisasikan penggunaan kartu Brizzi. (sukma tanjung/posmetro)

SUDIRMAN, METRO – Penerapan penggunaan Brizzi untuk penumpang Trans Padang sudah dimulai sejak Sabtu (17/8), bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI. Untuk promosi, hingga 23 Agustus mendatang, penumpang mendapat potongan harga Rp1.000.

Jika di hari biasa, untuk penumpang umum membayar Rp3.500, pada masa sosialisasi kartu Brizzi, penumpang hanya dikenakan biaya Rp2.500. Hal ini juga berlaku untuk pelajar.

Sayangnya, penerapan kartu Brizzi ini masih banyak dikeluhkan, terutama para pelajar. Mereka menganggap, biaya kartu sebesar Rp30 ribu (20 ribu kartu dan 10 ribu saldo) terlalu mahal.

Salah seorang petugas Dishub Padang saat dijumpai di Halte SMP 1, menyebut, setiap penumpang wajib memiliki kartu Brizzi. Meski demikian, bagi penumpang yang belum memiliki kartu, bisa menggunakan kartu Brizzi milik penumpang lain atau meminta bantuan Pramugara,” ungkapnya.

Hendrizal juga mengungkapkan bahwa kartu Brizzi bisa dipakai siapa saja karena tidak memiliki identitas pengguna. Untuk pengisian saldo dalam kartu Brizzi ini minimum Rp5 ribu dan maksimal Rp2 juta.

Ia menjelaskan, pengisian saldo bisa dilakukan langsung dari petugas Dishub, agen BRI Link, ataupun di dalam Trans Padang itu sendiri. Jika ingin mengisi saldo ataupun mendapatkan kartu Brizzi dari petugas Dishub penumpang dapat menjumpai petugas dari pukul 06.00-12.00 dan pukul 13.30-selesai.

Di setiap Trans Padang yang beroperasi terdapat satu petugas Dishub yang melakukan pengawasan untuk penumpang yang belum memiliki Brizzi. Petugas Dishub hanya membantu sampai 23 Agustus. Setiap petugas dibekali saldo Rp1,5 juta.

“Jika penumpang membeli ke petugas Dishub berapapun saldo yang diisi penumpang sebanyak itu pula saldo yang didapatkan penumpang. Hal ini tentu berbeda dengan pengisian saldo dari BRI Link yang mana jika penumpang membeli saldo Rp 9.000, maka penumpang membayar senilai Rp10 ribu,” terang Hendrizal.

Salah seorang penumpang bernama Yola ketika dijumpai di halte, mengaku dengan adanya kartu Brizzi ini membantunya dalam menggunakan Trans Padang. Sebab, ia tak harus menyisihkan uang kecil lagi.

Namun, hal ini dianggap kurang efektif oleh pelajar. Seperti yang diungkapkan Putri (15) ia mengaku harus meminta jajan tambahan kepada orangtuanya untuk mendapatkan kartu Brizzi. Hal ini membuat orangtuanya marah dikarenakan tidak memahami penggunaan kartu.

“Mahal sekali harga kartunya. Rp20 ribu untuk kartunya, dan harus bayar lagi untuk pengisian saldo,” sebut Putri.

Nurfia, siswi SMA juga mengatakan, kebijakan membayar ongkos non tunai menggunakan kartu Brizzi, akan menjadi beban kepada siswa sekolah. Karena harga kartun terlalu mahal untuk ukuran kantong pelajar.

“Untuk beli kartunya saja habis Rp30 ribu, belum lagi untuk isi saldo. Uang jajan saja tidak sampai sebesar itu. Minta ke orang tua takut kena marah, rencananya saya tak naik Trans lagi,” tukas Nurfia.

Sebelumnya, Kepala Dishub Kota Padang Dian Fakri, mengatakan penggunaan kartu Brizzi sangat mudah dan gampang. Penumpang yang sudah memiliki kartu Brizzi, jika lupa membawa kartu, bisa saja minta tolong ke orang lain nantinya yang sama-sama naik di bus Trans Padang saat itu.

“Bisa minta tolong ke orang lain menggunakan kartunya, dan orang lain tersebut menggesek kartu miliknya dua kali untuk membayarkan punya orang lain yang tidak membawa kartunya. Dan, orang yang tidak membawa kartu tersebut membayar saja langsung ke orang yang telah menolongnya tadi,” jelasnya.

“Atau kalau lupa bawa kartu Brizzi, minta tolong ke pramugara Trans Padang untuk menggunakan kartu yang ada di Pramugara itu. Setelah itu bayar saja cash saja ke Pramugaranya,” pungkas mantan Kepala Satpol PP itu. (cr2/e)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional