Menu

Harapan kepada Gubernur Terpilih, M Nur: Tunjangan Walnag Tolong Diperhatikan

  Dibaca : 111 kali
Harapan kepada Gubernur Terpilih, M Nur: Tunjangan Walnag Tolong Diperhatikan
TINJAU— Ketua Forum Wali Nagari M Nur saat bersama Ali Mukhni dalam suatu kegiatan, beberapa waktu lalu.

PDG.PARIAMAN, METRO
Mantan Ketua Forum Wali Nagari (Walnag) Padangpariaman, M Nur mengharapkan kepada gubernur Sumatera Barat terpilih nanti bisa menganggarkan kembali tunjangan bagi wali nagari sebagaimana dianggarkan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sebelumnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Pemerintah Provinsi Sumatera Barat pernah menganggarkan tunjangan bagi wali nagari sebesar Rp 1 juta. Tapi entah karena sebab atau alasan apa, tunjangan tersebut akhirnya tiba-tiba dihapuskan tanpa adanya kejelasan.

Siapapun nanti yang terpilih sebagai gubernur atau wakil gubernur Sumbar lima tahun mendatang hendaknya bisa kembali menganggarkan tunjangan bagi wali nagari seperti sebelumnya. Karena hal itu bisa berdampak untuk lebih memotivasi para walinagari agar bekerja lebih giat lagi, terutama mengingat beratnya beban wali nagari yang merupakan jajaran pemerintah terendah. “Tolong pelototi tunjangan itu,” harapnya M Nur kemarin.

Sebagaimana diketahui sebut M. Nur menambahkan, sebagai jajaran pemerintahan terendah seorang walinagari mesti dihadapkan pada beban kerja yang tidak ringan. Bahkan seorang walinagari juga dituntut agar bisa menyelesaikan berbagai persoalan yang ada di nagari, mulai dari yang sifatnya ringan, sedang dan berat, hingga urusan yang bersifat remeh temeh, seperti menyelesaikan konflik kepentingan antar anggota atau kelembagaan yang ada di masyarakat.

Karena itulah tegasnya tugas seorang walinagari jelas tidak ringan, sebagaimana dibayangkan sebagian orang, namun justru begitu kompleks dan sarat dengan beban kerja di dalamnya.

Terkait hal itu pihaknya berharap ke depannya perlunya sinkronisasi antara program pemerintahan Pemerintah Provinsi dengan program yang dijalankan oleh Pemerintah Nagari.

“Artinya, pemerintah Provinsi seyogyanya bisa ikut proaktif mensupport kegiatan atau program yang dijalankan oleh pemerintahan nagari. Termasuk tentunya dalam hal dukungan pendanaannya,” terangnya.

Ia mencontohkan, program pelatihan keterampilan menjahit yang diprogramkan oleh Pemerintah Nagari Pauah Kamba, di samping beragam pelatihan lainnya, seperti program pelatihan perbengkelan dan sebagainya yang dimaksudkan untuk membuka lapangan kerja di nagari, disamping mengentaskan dan mengatasi angka pengangguran, mestinya juga bisa didukung dan disupport secara penuh oleh pemerintah provinsi. Terutama melalui jajaran terkait atau Dinas instansi yang ada di jajaran Pemrov Sumbar.

“Sebagai contoh sederhana misalnya, para peserta yang telah mengikuti pelatihan menjahit yang diprogramkan oleh nagari misalnya, mereka selanjutnya bisa diberikan bantuan mesin jahit oleh pihak terkait di tingkat provinsi, atau bantuan dalam bentuk permodalan lainnya,” harapnya.

Karena itulah lanjut  walinagari dua periode ini, jajaran pemerintah Provinsi Sumatera Barat di bawah kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih nantinya tentunya diharapkan bisa lebih memberdayakan jajaran pemerintahan terendah yang ada di nagari. Termasuk diantaranya menganggarkan dalam bentuk pendanaan untuk mendukung  program yang ada di nagari.

Demikian pula halnya dukungan pendanaan untuk mendukung perkembangan ekonomi nagar, seperti dana pembangunan atau renovasi pasar nagari dan  yang lainnya.

“Karena disadari atau tidak, penganggaran dana nagari selama ini hanya bertumpu pada dana DD dari yang berasal dari pemerintah pusat, demikian pula dana ADD yang dianggarkan oleh APBD Kabupaten. Lalu bagimana dengan support pendanaan dari pemerintah provinsi sendiri, ke depannya tentu ini perlu mendjadi perhatian,” tegasnya,

Bagaimana pun sebutnya, sebagai jajaran pemerintahan terendah, pemerintahan nagari seyogyanya juga bisa mendapatkan perhatian khusus dari pemerintahan provinsi, khususnya dalam hal bantuan pendanaan, sehingga dengan begitu nagari yang ada bisa merasakan secara langsung  kiprah dan peran pemerintah provinsi dalam menggerakkan pembangunan di nagari. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional