Menu

Hanya Tiga Provinisi di Indonesia, Nagari Pandai Sikek Terplih jadi RPIK

  Dibaca : 61 kali
Hanya Tiga Provinisi di Indonesia, Nagari Pandai Sikek Terplih jadi RPIK
TANAM BAWANG— Wakil Bupati Richi Aprian bersama tamu lainnya menanam bawang bersama.

TANAHDATAR, METRO–Nagari Pandai Sikek dan Nagari Koto Laweh di Keca­matan X Koto Kabupaten Tanah Datar terpilih sebagai lokasi Riset dan Pengembangan Ino­vatif Kolaboratif (RPIK),  Badan Litbang Kementerian Pertanian Republik Indonesia untuk ko­moditas bawang merah.

Hanya tiga daerah di Indonesia yang menjadi lokasi riset, yaitu Sumatera Barat dengan bawang merah,  Lampung untuk komoditas jagung, dan Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk komoditas jagung.

Hal tersebut disampaikan Dr. Husnain, MP., M.Sc., Kepala Balai Besar Litbang Sumber­daya Lahan Pertanian (BBSDLP) Badan Litbang Kementerian Pertanian RI pada acara laun­ching dan penananam bawang merah perdana di lahan kering dataran tinggi Sumatera Barat.

Acara ini dihadiri Anggota Komisi IV DPRD RI Dr. Her­manto, Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH, MH, Kepala Balai Besar Lingkup Badan Litbang Kementerian Pertanian RI beserta jajaran, Kepala Dinas Pertanian Sum­bar, Kepala Dinas Pertanian Tanah Datar, Camat X Koto , walinagari Pandai Sikek dan kelompok tani, Jumat (2/7) di Jorong pagu-pagu Nagari Pan­dai Sikek kecamatan X Koto.

Husnain menjelaskan pemi­lihan Sumatera Barat, tepatnya Nagari Pandai Sikek di Kabu­paten Tanah Datar dikarenakan daerah ini merupakan dataran tinggi yang memiliki karakter tanah masam, kandungan air sedikit dengan mengandalkan curah hujan, namun tersedia lahan yang sangat potensial untuk daerah riset.

“Diharapkan teknologi per­ta­nian yang digunakan pada lahan pertanian ini dapat me­ning­katkan produksi bawang merah petani, sehingga dapat meningkatkan pendapatan pe­tani,” ujar Husnaini.

Wakil Bupati Richi Aprian usai penanaman perdana, sam­pai­kan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Badan Lit­bang Kementerian Pertanian RI yang telah memilih Kabu­paten Tanah Datar sebagai lokasi riset dan Launching Demfarm Pertanian Presisi Bawang Merah di lahan data­ran tinggi, khususnya jorong Pagu-Pagu Nagari Pandai Si­kek. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional