Close

Hama Tupai dan  Kera Merusak Tanaman Petani di Kabupaten Padangpariaman 

Sudirman Walinagari Paritmalintang

PADANGPARIAMAN, METRO–Walinagari Paritmalintang, Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padangpariaman Sudirman mengajak semua pencandu buru tupai se Provinsi Sumatra Barat adn luar provinsi untuk bersama sama memburu hama tupai dan kera dalam Nagari Paritmalintang.

“Hama tupai dan kera sampai saat ini sangat meresahkan masyarakat, karena binatang pengirik  tanaman tersebut hing­­ga kini telah me­rusak tanaman para petani, kalau tidak ha­langan kita laksa­nakan minggu tang­gal 25 Sep­tember 2022, “ ka­ta Walinagari Parit­ma­lintang Sudirman, ke­ma­rin.

Kalau tidak di­bas­mi katanya, secara ber­­sa­ma sama tentu para pe­tani semakin dirugikan, kenapa hasil panen pe­tani pasti ber­kurang dari. “Se­belum lebih jauh ke­ru­gian petani kita da­lam nagari melaksanakan buru tupai dan kera ber­sama para pecandunya,” ungkapnya.

Katanya, kalau tidak ada halanan sekitar 20 club penembak se Padangpariaman,Kota Pariaman dan lainnya akan ikut partisipasi dalam pemburuan hama tupai tersebut. “Kita berharap ranah dan rantau juga ikut partisipasi dalam pemburuan hama ini,” ujarnya.

Kenapa tidak katanya, dengan dukungan semua pihak tentu pelaksanaan buru tupai dan kera akan berjalan lancar dan hasil buru semakin banyak jatuhnya, karena pelaksanaan acara membantu para petani dengan swadaya masyarakat.

“Kapada dunsanak yang ado di rantau atau di kampuang untuk acara baburu tupai akan diikuti peserta 20 club petembak dari luar Padangpariaman dan Kota Pariaman mari sama kita berpartisipasi dalam pengendalian hama tupai,” ungkapnya.

Kemudian kata Sudirman, acara dilaksanakan sacara swadaya masyarakat Nagari Parik­ma­lintang,  besar harapannya kapada dunsanak yang di rantau dan di kampuang untuk partisipasinyo dalam mengsukseskan acara bersama sama ini.

“Sebab, acara buru tupai dan kera ini telah lama tidak dilaksanakan masyarakat Nagari Parit­malintang. Kalau kita laksanakan tentu hama tersebut dapat kta tekan dan para oetani kita otomatis akan terbantu, karena hama dibasmi secara perlahan,” tandasnya mengakhiri.(efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top