Close

Hadirkan Pojok Statistik Pertama di Indonesia, Wako Padangpanjang Fadly Amran Diganjar Penghargaan 

ERIMA PENGHARGAAN— Wali Kota Padangpanjang H Fadly Amran, BBA terima penghargaan Pencetus Pojok Statistik  yang diserahkan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) RI, Dr Suhariyanto.

WUJUD dari keseriusan Pemerintahan Kota (Pemko) Padangpanjang bersama Badan Pusat Statistik (BPS) dalam merawat dan memanfaatkan data, di bawah Kepemim­pinan Wali Kota Fadly Am­ran, sukses menghadirkan Pojok Statistik di Dinas Perpustakaan dan Kear­sipan (DPK).

Pojok Statistik yang men­jadi terobosan per­tama Indonesia itu, dires­mikan langsung oleh Ke­pala Badan Pusat Statistik (BPS) RI, Dr Suhariyanto bersama Wali Kota, H Fad­ly Amran, BBA Datuak Pa­duko Malano, Rabu (26/5) di Kantor DPK. Disaat bersa­maan Wako Fadly Amran juga menerima penghar­gaan dari BPS Pusat seba­gai kepala daerah yang mendukung keberadaan Pojok Statistik.

Pojok Statistik merupa­kan suatu ruangan di per­pustakaan daerah yang dimanfaatkan untuk me­layani masyarakat dalam mengakses data BPS, baik itu data tercetak, maupun data digital.  Di samping itu juga wadah literasi kepada masyarakat. Untuk teknis masyarakat mendapatkan data dari pojok tersebut, Pojok Statistik ini terin­tegrasi dengan sistem p­e­la­yanan perpustakaan.

Suhariyanto mengata­kan, dengan adanya Pojok Statistik ini, akan memu­dahkan pemerintah dan masyarakat dalam mem­buat suatu perencanaan yang bagus, dan terukur, karena di Pojok Statistik ini akan menghimpun semua data yang akan dibutuhkan dalam sebuah perenca­naan.

“Dengan adanya data, tentunya kita bisa mengi­dentifikasi berbagai per­ma­salahan yang ada, un­tuk dibuatkan peren­ca­naan penyelesaian perma­salahan tersebut. Seperti data Covid-19, data kemis­kinan, data pertum­buhan ekonomi dan data lainnya. Untuk itulah kira­nya kebe­ra­daan Pojok Sta­tistik ini penting untuk dihadirkan di tengah-te­ngah masya­ra­kat,” ungkap Suhariyan­to.

Hadirnya Pojok Sta­tistik, Suhariyanto berha­rap bisa membangkitkan literasi statistik untuk ma­syarakat Kota Padang Pan­jang. Di sisi lain, BPS harus bisa menerjemahkan ber­bagai angka dan data sta­tis­tik tersebut dalam ba­hasa yang membumi yang mudah dipahami masya­rakat secara umum.

“Keberadaan Pojok Sta­tis­tik di Gedung Perpus­takaan Daerah Kota Pa­dang Panjang ini sudah sangat bagus sekali. Se­telah diresmikan, saya juga melihat langsung kebera­daan Pojok Statistik itu. Sewaktu memasuki Ge­dung Perpustakaan, kita akan melihat langsung Po­jok Statistik yang berada di pojok (sudut) kanan ge­dung. Tata letak yang sa­ngat strategis itu, pasti akan memancing rasa ingin tahu masyarakat tentang Pojok Statistik,” tutur Su­hariyanto.

Sukses membangun Pojok Statistik, Suhariyanto mengapresiasi kinerja Pem­ko Padangpanjang. Keberhasilan tersebut ti­dak terlepas dari kepia­waian seorang Walikota Padangpanjang Fadly Am­ran,  yang sangat terbuka dalam menjalin kerja sama dengan semua pihak, khu­susnya BPS Sumbar dan Padang Panjang.

“Kolaborasi dan kerja sama yang sangat baik ini, telah dibuktikan Wali Kota Fadly Amran. Hal ini ten­tunya menjadi kunci ke­majuan sebuah daerah. Kehadiran Pojok Statistik ini, menjadi bukti nyata dari kinerja wali kota muda ini. Di bawah kepemimpinan Fadly Amran, saat ini Pa­dangpanjang menjadi pilot project untuk Pojok Sta­tistik, karena Padang Pan­jang menjadi daerah per­tama yang mampu meng­hadirkan Pojok Statistik di tengah-tengah masya­ra­kat. Kita juga berharap daerah lain juga mampu mencontoh ke Padang­panjang,” pujinya.

Sementara itu, Fadly Amran  menyampaikan, dengan adanya Pojok Sta­tistik, BPS diharapkan da­pat melayani informasi data yang lengkap dan “up to date”, serta memberi man­faat dan kemudahan ba­gi masyarakat yang ingin mencari data.

“Kebutuhan data de­wasa ini semakin penting, baik untuk keperluan pe­nelitian maupun untuk me­mastikan validitas infor­masi di masyarakat. Untuk itu kita berharap kehadiran Pojok Statistik ini dapat menjadi jawaban atas ke­butuhan masyarakat akan data yang akurat dan ter­ukur,” tuturnya.

Di hadapan Kepala BPS RI,  Fadly Amran juga me­muji kinerja BPS Kota Pa­dangpanjang.  BPS Padang­panjang telah menjadi yang terbaik dalam men­jalankan programnya, se­perti terbaik dalam sensus penduduk online, pela­ya­nan terpadu satu data ser­ta lain sebagainya.

“Kami berterima kasih kepada BPS pusat dan pro­vinsi yang telah menja­dikan Padangpan­jang se­ba­gai kota pertama di Indonesia adanya Pojok Statistik. Semoga dengan adanya Pojok Statistik ini kita mampu memberikan literasi kepada masyarakat luas tentang pentingnya data,” sebutnya.

Terintegrasi dengan Perpustakaan, Data BPS Bisa Diakses

Kepala BPS Kota Pa­dang Panjang, Arius Jon­nai­di menjelaskan, Po­jok Statistik ini merupakan suatu ruangan di Perpus­takaan Daerah yang di­man­faatkan untuk mela­yani masyarakat dalam mengakses data BPS, baik itu data tercetak, maupun data digital. Di samping itu juga untuk literasi kepada masyarakat. Untuk teknis masyarakat mendapatkan data dari Pojok Statistik tersebut, katanya, terin­tegrasi dengan sistem pe­layanan perpustakaan.

“Para pengunjung yang sudah menjadi ang­gota perpustakaan maupun tidak, yang ingin menda­patkan pelayanan dari Po­jok Statistik harus men­daftar dahulu  ke petugas yang ada di perpustakaan. Setelah itu baru men­da­patkan pelayanan secara gratis,”tuturnya.

Lebih lanjut dikata­kan­nya, di Pojok Statistik ini, masyarakat dapat meng­ak­ses seluruh data terce­tak maupun digital dengan lengkap. Mulai dari data mengenai pertanian, in­dustri, perdagangan, hotel restoran dan lain seba­gainya.

“Data yang disajikan di Pojok Statistik ini jang­ka­uannya bukan hanya Pa­dang Panjang saja. Caku­pannya nasional. Mulai dari provinsi, kabupaten dan kota se-Indonesia bisa diak­ses di sini,”sebutnya. (adv) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top