Menu

Hadiri Wisuda Hafiz Qur’an Pertama di Lengayang, Ada Apa dengan Masdan

  Dibaca : 55 kali
Hadiri Wisuda Hafiz Qur’an Pertama di Lengayang, Ada Apa dengan Masdan
FOTO BERSAMA—Masdan, MAg saat foto bersama dengan para wisuda Hafiz Qur’an usai acara kemarin.

PESSEL, METRO
Selama ini masyarakat Lengayang mengetahui Masdan, MAg, adalah Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Mentawai. Ternyata, Ahad (28/3/2021) sedang berada di kampung halamannya, Ranah Lengayang, kemudian didaulat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan tersebut.

Kepedulian dengan kegiatan pembangunan keagamaan di Kecamatan Lengayang memang sudah dilakukannya jauh hari sebelum Masdan kembali ke Sumatera Barat, saat masih bertugas di Kemenag Kepulauan Riau kepeduliannya untuk pembangunan masjid sudah dibuktikannya. Namun, sejak menjabat Kakan Kemenag Mentawai sudah sibuk saja disana.

Pada Ahad (28/3), Masdan, tokoh masa depan Pesisir Selatan ini nampak memberikan sambutan pada kegiatan Masjid Takwa Pasar Kambang, Kenagarian Kambang Barat pada acara perdana Wisuda Hafiz Qur’an I,II dan III Juzz.

Masdan, yang disebut-sebut calon kuat sebagai Kepala Kantor wilayah Kemenag Sumbar itu mengatakan, pelaksanaan wisuda seperti ini baru kali perdana di Kecamatan Lengayang.

Semangat dan antusias generasi Lengayang sanggat besar untuk menghafal Al-Quran. Buktinya sebanyak 18 orang siswa di Wisuda Hafiz hari ini dan ini sejarah baru bagi masyarakat Lengayang karena baru pertama kali dilaksanakan,” ujarnya.

Masdan mengatakan, prosesi wisuda dilakukan setelah penempaan selama 8 bulan para siswa Hafiz. Keberhasilan Masjid Takwa melahir hafiz Qur’an sangat erat kaitannya dengan program Pemkab pessel, yang menempatkan adanya Imam besar di ibu kecamatan Lengayang, Pasar Kambang.

Ia menuturkan lembaga pendidikan hafiz Qur’an di Masjid Takwa perlu dijaga dengan baik dan berkesinambungan serta butuh dukungan semua pihak, baik pengurus masjid dan orang tua siswa Hafiz Qur’an juga perlu dukungan para perantau Lengayang dimanapun berada.

“Atas nama perantau Lengayang yang tergabung dalam organisasi IKWAL baik yang di Padang, Jakarta maupun di Batam serta lainnya saya serahkan bantuan Rp3 juta untuk mendorong lembaga pendidikan Hafiz Qur’an terus berkembang maju,” ujar Masdan, Alumni MAN 1 Salido Painan ini.

Ditambahkannya, adanya lembaga Hafiz Qur’an di Masjid Takwa ini merupakan wadah menyelamatkan generasi bangsa agar memiliki sikap-sikap akhlak mulia dan terhindar dari degradasi moral.

Dalam perayaan wisuda akbar ini, sebanyak 18 santri yang telah lulus ujian dan menjadi wisudawan/ti membacakan doa khatam Qur’an dan ikrar berjamaah dihadapan Ketua Masjid Takwa, Syafril dan turut hadir kepala KUA kecamatan Lengayang dan Pancung Soal. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional