Close

Hadiri Silaturahmi Bersama Perhiptani, Sebagai Garda Terdepan, Penyuluh Pertanian Wajib Tingkatkan Ilmu

SILATURAHMI— Bupati Eka Putra pada kegiatan silaturahmi bersama DPD Perhiptani di Talago Biru Nagari Atar, Kecamatan Padang Ganting.

TANAHDATAR, METRO–Bupati Eka Putra menegaskan Penyuluh Pertanian sebagai garda terdepan dalam melaksanakan program pertanian di Tanah Datar harus me­ningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional. “Pelaksanaan penyuluhan telah berjalan sejak lama, namun profesionalisme ku­rang berkembang, SDM harus ditingkatkan melalui pelatihan-pelatihan ataupun dengan penambahan jumlah penyuluh,” kata Bupati Eka Putra, Rabu (22/6) di kegiatan Silaturahmi bersama DPD Perhiptani di Talago Biru Nagari Atar Kecamatan Padang Gan­ting.

Dikatakan Eka, ini sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian dan Kehutanan dimana penyuluh pertanian dituntut le­bih profesional dalam menghadapi tantangan pemba­ngunan pertanian. Disinilah peran Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani).

“Perhiptani sebagai organisasi profesi diharapkan membantu pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan proses pembelajaran agar mampu meningkatkan SDM, terutama dalam memanfaatkan teknologi digital yang ada di handphone pintar,” ka­tanya.

Ditambahkan Eka, pe­ningkatan kualitas dan kuantitas serta SDM pe­nyuluh sangat dibutuhkan karena dari 10 Program Unggulan (Progul) Tanah Datar, ada 4 program yang dilaksanakan di Dinas Pertanian. “Empat Progul itu adalah Bajak Gratis, Asu­ranti Ternak dan Padi, Jaringan Irigasi serta pupuk bersubsidi. Program ini butuh duku­ngan langsung dan penuh penyuluh pertanian sebagai garda terdepan yang bersentuhan langsung dengan ma­sya­ra­kat,” sebutnya.

Menyangkut dengan Perhiptani yang melaksa­nakan serah terima kepe­ngurusan, Eka Putra me­nyampaikan ucapan selamat kepada Ari Yonata ke­tua Perhiptani periode 22-2027 terpilih dan ucapan terima kasih atas pengabdian kepada Rumsyah selaku ketua bersama pengurus periode sebelumnya atas pengabdian dan dedikasinya.

“Selamat mengemban amanah bagi pengurus baru dan terima kasih kepada pengurus lama, semoga dinilai ibadah dan tetap memberikan sumbangsih walau sudah purna tugas,selamat juga kepada 39 penyuluh yang diangkat menjadi Pega­wai Pemerintah Perjanjian Kerja (PPPK), “ kata Eka.

Sementara Plt. Kepala Dinas Pertanian Sri Mul­yani mengatakan, dinas Pertanian Tanah Datar sa­at ini membutuhkan 90 Penyuluh Pertanian.

“Saat ini sudah ada 74 tenaga penyuluh pertanian, terdiri dari 39 PPPK yang diangkat tahun 2020 lalu, 34 PNS serta 1 orang THL yang Insya Allah saat ini sedang menyiapkan bahan kelengkapan untuk diangkat menjadi PPPK,” katanya.

Sri juga pesankan para Penyuluh Pertanian untuk tetap komitmen dan mendukung Progul Tanah Datar, terutama yang menjadi tanggungjawab dan wewenang Dinas Pertanian Tanah Datar.  “Mari kita sukseskan Progul Tanah Datar bersama-sama dan jadikan Perhiptani sebagai wadah pemersatu dan pe­ngakomodir para penyuluh pertanian,” tukasnya. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top