Menu

Hadiri Peringatan Maulid Nabi di Kuranji, Nasrul Abit Minta Anak Muda Sumbar Rajin Datangi Masjid

  Dibaca : 139 kali
Hadiri Peringatan Maulid Nabi di Kuranji, Nasrul Abit Minta Anak Muda Sumbar Rajin Datangi Masjid
TAUSIAH— Calon Gubernur Sumatra Barat, Nasrul Abit memberikan tausiah beberapa waktu lalu.

PADANG, METRO
Calon Gubernur Sumatra Barat, Nasrul Abit, meminta agar generasi muda di Ranah Minang mau mendatangi masjid untuk membekali diri dengan ibadah dan ilmu agama. Ia menyebut bahwa bekal agama sangat penting diberikan kepada anak-anak, apalagi saat ini teknologi semakin canggih. Karena itu, ilmu agama dapat menjadi benteng pertahanan diri sendiri.

“Di tengah perkembangan zaman, anak-anak harus memiliki perlindungan dari diri sendiri. Hal itu bisa didapat jika ilmu agamanya kuat,” kata Nasrul Abit saat menghadiri acara Maulid Nabi di Masjid Jabal Rahmah, Kuranji, Padang, Minggu (1/11).

Menurutnya, masjid dan taman pendidikan Alquran merupakan wadah utama untuk anak-anak belajar ilmu agama. Ia melihat bahwa saat ini di masjid-masjid cukup jarang ditemui anak-anak muda. Saya sudah sering berkeliling Sumbar. Di masjid-masjid mayoritas masyarakat yang sudah lanjut usia,” ujarnya.

Ke depan, kata Nasrul Abit, harus ada komitmen bersama untuk merancang strategi bagaimana anak-anak muda mau datang ke masjid dan tempat lainnya yang mampu memberikan pembekalan agama. Siapa pun pemerintahnya, persoalan ilmu agama mesti menjadi perhatian. Menurutnya, hal itu menjadi tanggung jawab bersama, baik orang tua, tokoh masyarakat, tokoh agama, maupun pemerintah.

“Jika tidak dibekali ilmu agama yang cukup, anak-anak muda kita kelak berpotensi tergerus perkembangan zaman,” tuturnya.

Ia berpendapat, pembekalan ilmu agama juga berdampak pada karakter individu. Ketika anak-anak sudah dewasa dan menghadapi era globalisasi saat ini, hal itu akan menjadi benteng dari dirinya sendiri.

“Saat ini misalnya sekolah dalam jaringan (online), ada potensi anak-anak tidak diawasi penuh oleh orang tua ketika berselancar di dunia maya,” ucapnya.

Nasrul Abit tidak menafikan bahwa saat ini teknologi dibutuhkan dan anak-anak muda tidak bisa dihambat untuk mengaksesnya. Namun, menurutnya, yang terpenting ialah kontrol dari keluarga terhadap penggunaan teknologi itu. Oleh sebab itu, ia berharap orang tua meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan anak karena teknologi juga bisa berdampak buruk kepada generasi muda.

Permintaan untuk Indra Catri
Sementara dalam setiap kunjungan Calon Wakil Gubernur Sumbar Indra Catri ke tengah masyarakat, selalu ada orang yang menitipkan harapan kepadanya. Sepertinya, masyarakat senang berharap kepada Indra Catri dan percaya bahwa harapannya akan terwujud. Dalam salah satu kunjungan Indra Catri, seorang warga memintanya membangun rumah singgah untuk orang gangguan jiwa.

“Orang yang akan gila maupun sudah gila di Padang ini banyak, Pak, sementara fasilitas untuk menampung mereka, seperti rumah singgah, tak ada,” ujar Wati, penggiat sosial.

Ia menyampaikan aspirasi itu ketika Indra Catri babarito dengan warga Padang dari berbagai organisasi di Rumah Makan Fajar Surya, Kelurahan Gates, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Minggu (1/11).

Atas dasar kemanusiaan itulah Wati ingin calon pemimpin di Sumbar punya perhatian lebih kepada orang dengan gangguang jiwa (OGDJ). Ia juga ingin pemerintah menyediakan fasilitas kesehatan yang lebih baik untuk OGDJ.

“Kami juga berharap porsi anggaran dan untuk penanganan OGDJ ditingkatkan sehingga penanganan bisa berjalan maksimal,” tuturnya.

Sehubungan dengan hal itu, Indra Catri mengungkapkan bahwa ia sangat memperhatikan masalah sosial dan pekerja sosial. Di Agam, ia memberi pekerja sosial keistimewaan. “Di Agam kantor tenaga sosial di rumah dinas bupati,” kata Bupati Agam yang sedang cuti pilkada itu.

Indra Catri menyebut, persoalan OGDJ sangat krusial dan harus dicarikan solusinya. Jika tidak diselesaikan, masalah tersebut bisa salah penanganan, misalnya memasung OGDJ. “Ini tidak boleh terjadi. Jangan sampai mereka dipasung. Insyaallah kalau NA-IC menang, kami akan bangun rumah singgah OGDJ,” katanya. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional