Menu

Hadapi Pilkada Sumbar 2020, Partai Golkar, PKB dan PDIP Sepakat Berkoalisi

  Dibaca : 655 kali
Hadapi Pilkada Sumbar 2020, Partai Golkar, PKB dan PDIP Sepakat Berkoalisi
Ilustrasi Koalisi

PADANG, METRO – Tiga partai politik (parpol) pemilik kursi di DPRD Sumbar, Partai Golkar, PKB dan PDIP, telah sepakat dan sudah deklarasi berkoalisi menghadapi Pilkada Sumbar 2020 yang akan datang.

“Allhamdulillah, kami Partai Golkar, PKB dan PDIP telah bersepakat untuk berkoalisi dalam menghadapi Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar yang akan digelar September 2020. Hari ini kita deklarasi,” ujar Ketua DPW PKB Sumbar Febby Dt Bangso yang didaulat menjadi Juru Bicara Koalisi Golkar, PKB dan PDIP, Rabu (27/11) di Jakarta.

Menurut Febby, koalisi ini mengenyamping semua ego dan fatsun parpol terkait Pilkada Sumbar 2020. “Kami lebih mencari sosok gubernur untuk Sumbar bukan untuk kelompok atau elite parpol saja,” ujar Febby.

Sumbar ke depan itu, menurut Febby, butuh figur pemimpin tidak gubernur saja, karena tantangan Sumbar ke depan itu kebih komplek. “Sumbar butuh tokoh yang kepemimpinannya diakui, baik di daerah maupun di nasional, atau bahkan sampai regional,” ujar Febby.

Bahkan kata Febby, kemungkinan koalisi menjadi empat Parpol sangat terbuka sekali, karena itu pihaknya sebut Febby masih menunggu Partai NasDem untuk satu gerbong koalisi di Pilkada Sumbar 2020.

“Ya, kami masih menunggu keputusan Partai NasDem untuk bersama-sama di gerbong koalisi dengan itikad dan tekad bersama yaitu mencari gubernur untuk Sumbar,, bukan kelompok,” ujar Febby.

Terkait ada parpol yang telah membuka pendaftaran, sebut Febby itu hak masing-masing parpol, tidak merupakan masalah yang krusial dan bukan pula menjadi ganjalan.

“Semua Parpol koalisi, silahkan buka dan rekrut calon kepala daerahnya, nanti koalisi akan membuka Posko Koalisi dan bersama-sama mengusung calon yang diputuskan,” ujarnya.

Seperti yang menjadi persyaratan ke KPU, Febby Dt Bangso nyatakan koalisi Golkar, PKB dan PDIP, sudah memenuhi syarat untuk mengusung calon.

“Kami yang tiga parpol punya 13 kursi di DPRD Sumbar, sudah cukup untuk mengusung Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, tapi kalau jadi Partai Nasdem sama digerbong koalisi, semakin baik dan melebihi syarat minimal kursi,” pungkas Febby.

Sebagaimana diketahui komposisi kursi parpol di DPRD Sumbar hasil Pileg 2019, Partai Gerindra 14 kursi, PAN 10, PKS 10, Partai Demokrat 10, Partai Golkar 8, PPP 4, NasDem 3, PKB 3 dan PDIP 3. Syarat mengusung pasangan calon minimal 20% dari total kursi 65, yakni 13 kursi. (rel/yki)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional