Menu

Hadapi Pemilu Serentak 2024, Bawaslu Kota Payakumbuh Gelar Rakor

  Dibaca : 83 kali
Hadapi Pemilu Serentak 2024, Bawaslu Kota Payakumbuh Gelar Rakor
RAKOR— Bawaslu Kota Payakumbuh saat rapat koordinasi (rakor) persiapan Pemilu Serentak 2024.

SICINCIN, METRO–Jelang digelarnya Tahapan Pemilu Serentak tahun 2024 pada Maret 2022 nanti, Badan Pengawas Pemilu (BA­WASLU) Kota Payakumbuh terus mempersiapkan segala hal terkait kewenangan mereka dalam hal pence­gahan, penanganan dan penindakan pelanggaran Pemilu, sehingga Pe­ngawasan bisa berjalan lebih baik dari Pilkada, Pileg dan Pilpres sebelumnya.

Hal tersebut diungkapkan Koor­dinator Divisi Penanganan Pelang­garan dan Penyelesaian Sengketa Pemilu, Maidona didampingi Komisio­ner BAWASLU Payakumbuh, Suci Wildanis dalam kegiatan Pembinaan Penanganan dan Penindakan Pelang­garan Dalam Menghadapi Pemilu Se­rentak tahun 2024, Senin (12/7) di salah satu aula Hotel di Kawasan Sicincin Kecamatan Payakumbuh Timur.

Meidona juga menyebutkan, peli­ba­tan semua pihak dalam  Rapat Koordinasi (RAKOR) pembinaan pena­nganan dan penindakan pelanggaran yang digelar hari ini dilakukan karena mereka berperan dalam penanganan pelanggaran, baik pelanggaran Ad­ministrasi, Etik dan Hukum.

“ Dengan akan dimulainya Tahapan Pemilu Serentak tahun 2024 pada Maret nanti, kita terus melakukan berbagai persiapan. Dan RAKOR yang kita gelar hari ini merupakan bagian dari persiapan Tahapan PEMILU,” ucap Maidona.

Ia juga menambahkan, Payakum­buh bersama daerah lainnya akan mengikuti Pilkada Serentak pada tahun 2024 nanti, meski masa Kepemimpinan Pasangan Walikota-Wakil Walikotanya akan berakhir tahun 2022 nanti.

“Payakumbuh akan mengikuti Pe­mi­lu serentak bersama darah lainnya tahun 2024 nanti. Diawali dengan PILEG dan Pemilihan DPD pada Februari dan dilanjutkan dengan PILGUB dan PILP­RES pada November,” tambahnya.

Sementara Ketua Panita Kegiatan RAKOR pembinaan penanganan dan penindakan pelanggaran,  Syafrial menyebutkan bahwa mereka/stakeholder yang dilibatkan dalam kegiatan RAKOR diharapkan dapat berperan banyak dalam setiap Tahapan nanti­nya.

“Kita undang, pihak kepolisian, kejaksaan, pengadilan, kesehatan, MUI, Dinas Sosial, Media dan banyak pihak lainnya dalam RAKOR ini agar Pengawasan setiap Tahapan Pemilu Serentak nanti bisa berjalan lebih baik,” ucapnya.

Di tempat terpisah, Ketua BA­WASLU Kota Payakumbuh, M. Khadafi menyebutkan bahwa Pengawasan Pemilu Serentak tahun 2024 tidak bisa hanya dilakukan oleh pihaknya saja, meski BAWASLU memiliki jajaran Pengawasan hingga ke Tempat Pe­mungutan Suara (TPS).

“Ke depan tugas BAWASLU tentu akan semakin berat, terutama pence­gahan terhadap terjadinya Politik Uang (Money Politic) tidak bisa hanya dilakukan oleh Jajaran BAWASLU saja, kita butuh peran serta semua pihak, termasuk masyarakat,” ucapnya.

Mantan Ketua KPU Payakumbuh itu juga terus mengajak peran serta seluruh pihak untuk menyukseskan setiap Tahapan Pemilu. “Dengan berbagai kegiatan/sosialisasi, kita terus dorong peran serta masyarakat disetiap Tahapan Pemilu,” ucapnya.

Dr. Otong Rosadi, Rektor Universitas Eka Sakti (UNES) dalam materinya me­nyebutkan bahwa Pelanggaran Pe­milu dalam Pilkada lalu banyak ber­dasarkan temuan pihak Pengawas, hal tersebut menunjukkan bahwa Jajaran Pengawas telah bekerja de­ngan baik.

“Ke depan tentu kinerja BAWASLU perlu ditingkatkan, termasuk peran serta masyarakat. Hal tersebut ber­dasarkan temuan dalam Pilkada,” sebutnya. (uus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional