Menu

Hadapi Musim Penghujan, BPBD Tingkatkan Kesiapsiagaan Personel

  Dibaca : 102 kali
Hadapi Musim Penghujan, BPBD Tingkatkan Kesiapsiagaan Personel
Richi Amran, Kalaksa BPBD Solsel

SOLSEL, METRO
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok Selatan (Solsel) untuk menghadapi musim penghujan ini akan melakukan peningkatan kapasitas kepada personelnya. Masyarakat diharapkan meningkatkan kewaspadaan,terutama di daerah yang tinggi potensi bencan alamnya seperti banjir dan longsor.

“Menghadapi musim penghujan yang biasanya terjadi di akhir tahun, kami dari BPBD akan melakukan peningkatan kapasitas dan kesiapsiagaan personil,” ujar Kalaksa BPBD Solsel, Richi Amran di Padang Aro, Kamis (10/9).

Dijelaskan, untk peningkatan kapasitas dan kesiapsiagaan, pihaknya akan melakukan pelatihan kepada personil, sekaligus memberikan semacam pendidikan kesiapsiagaan disaat bencana terjadi.

Hal ini, agar nantinya disaat bencana terjadi mereka sudah selalu siap. Peningkatan itu untuk mengingatkan kali dan untuk membuat suasana yang lebih segar. “Kami yakin, semua personil akan selalu siap dalam menghadapi kebencanaan, melalui kesiapsiagaan semakin memantapkannya,” ungkap Richi.

Dia mengatakan, selain untuk personel, kami memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap selalu waspada, apalagi yang berada di daerah rawan bencana.

Seperti tinggal didekat bantaran sungai yang sering meluap, daerah rawan longsor, seperti di dekat perbukitan. Dimana disaat hujan dengan intensitas tinggi, bencana tidak bisa diprediksi. “Kedatangan bencana tidak bisa diprediksi, kepada masyarakat kami selalu menghimbau agar selalu waspada,”sebut Richi.

Dikatakannya, untuk mengantisipasi dan mengingatkan masyarakat, kami memberikan sosialisasi secara berjenjang kepada masyarakat. Hal ini agar masyarakat selalu ingat akan dampak dari bencana. Kabupaten Solsel dengan topografi berbukit, merupakan daerah rawan bencana, seperti, longsor, banjir bandang, gempa bumi, angin puting beliung dan banjir. “ Melalui himbauan dan sosialisasi ini diharapkan, disaat bencana terjadi, bisa meminimalisir korban jiwa dan dampak kerusakan yang ditimbulkannya,” kata Richi. (afr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional