Menu

H Refrizal Ingin UMKM Naik Kelas

  Dibaca : 101 kali
H Refrizal Ingin UMKM Naik Kelas
H Refrizal

PDG.PARIAMAN, METRO
Calon Bupati Padangpariaman, H Refrizal menginginkan UMKM bisa meningkat dan naik kelas. Dengan begitu diharapkan, bisa menjadi penyangga ekonomi masyarakat di daerah dan memberi dampak kesejahteraan bagi banyak orang.

“Misalnya lapau. Lapau kan usaha mikro. Pemilik lapau ini kita bina dia, kita beri mindset dia untuk mengembangkan dirinya menjadi mini market,” ujar Refrizal yang merupakan ketua umum Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) ini.

Refrizal yang berpasangan dengan Happy Neldy di Pilbup Padangpariaman dengan nomor urut tiga ini menambahkan, berlapau tetap bisa menjual berbagai jenis minuman atau makanan. Seperti, teh telur, kopi, teh manis, atau jualan lontong di pagi hari. Selain itu, di lapau bisa ditambah dengan berjualan kebutuhan sehari-hari. Seperti, sabun, odol dan sebagainya.

“Saya bikin program bedah lapau, tidak hanya lapaunya yang dibedah tapi mindsetnya pemilik lapau itu dibina. Nanti, lapau itu bisa berkembang ke arah mini market,” tukas wakil ketua umum Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Artinya terang Refrizal, item-item yang dijual di lapau menjadi bertambah. Selain itu terangnya, pemilik lapau bisa juga membuat berbagai makanan yang bisa menambah penghasilan.

“Orang awak ini pintar membuat randang. Ini bisa juga diberdayakan bikin randang dan rendangnya bisa kita packing dan bisa dijual kemana-mana. Mungkin bisa dengan online dan dibuat wadahnya, sehingga bisa menambah penghasilan,” sebut Refrizal yang pernah menjadi anggota DPR RI tiga periode ini.

Tidak hanya membuat randang ungkapnya, bisa juga membuat makanan lainnya. Seperti, biking kacang tojin, keripik balado, kue kering dan lainnya. “Sambil duduk-duduk di lapau bisa bikin. Kan rata-rata orang yang berbelanja dan duduk di lapau pagi hari, kalau siang kan kosong. Siang itu bisa bikin kerajinan seperti rendang, kacang tojin, keripik balado dan kue kering yang tahan lama,” beber Refrizal. (uki)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional