Close

H Genius Umar Dilantik sebagai Ketum Perserosi, Contoh Pengembangan Sport Tourism Menjadikan Wisata Olahraga

BERSAMA—Wali Kota Pariaman Genius Umar bersama pengurus dan atlit sepatu roda yang raih juara.

Laporan: Efanurza Kota Pariaman

Dalam mengembangan wisata sambil berolahraga di sepanjang Pantai Kota Pariaman Walikota Pariaman H Genius Umar membangun sirkuit sepatu roda di Pantai Cermin Kota Pariaman. Dengan demikian minat generasi muda untuk bersatu roda semain meningkat. Sehingga lahirlah atlit atlit sepatu roda dari kota Pariaman. Sejalan dengan potensi tersebut Walikota Pariaman Genius Umar juga dilantik sebagai Ketua Umum Persatuan Olahraga Nasional Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Perserosi) Provinsi Sumatera Barat periode 2022-2026.

Ketua Umum PB Perserosi, Velix Vernando Wanggai mengungkapkan bahwa kegiatan ini berkat dukungan dan komitmen dari ketua umum  yang juga Wali Kota Pariaman, Genius Umar yang menjadi contoh dari berbagai kota di seluruh Indonesia dalam mengelola pengembangan ekonomi di Kota Pariaman.

“Olahraga ini tidak hanya semata-mata olahraga saja namun pembinaan kepada pemula, standar baik cabang sepatu roda maupun cabang lain seperti skate board, inline prestale dan lainnya. Kami yakin dengan komitmen besar dari ketua umum dan pengurus serta Pemerintah Kota Pariaman selalu mendukung tidak hanya sepatu roda namun cabang lainnya,” ujarnya.

“Kami juga apresiasi Pro­vinsi Sumbar khususnya Kota Pariaman karena menjadi contoh pengembangan sport tourism menjadikan wisata olahraga untuk mendorong provinsi lain untuk mengembangkan sport tourism ini baik dari lokasi yang menarik karena berada dipinggir pantai yang mendatangkan orang banyak,” ujar­nya.

Sementara itu, Ketua U­mum Perserosi Provinsi Sumbar terpilih, Genius Umar mengatakan bahwa pengurus Perserosi Sumbar merupakan gabungan dari aktivis sepatu roda, kalangan birokrat, pe­ngusaha, generasi senior dan generasi muda. “Semuanya berkomitmen bersama untuk mengibarkan bendera perserosi di Sumbar dan aktif dalam latihan maupun iven di Kota Pariaman maupun ditempat lain di Sumbar,” ujarnya.

Selain arena sepatu roda, tutur Genius bahwa Kota Pariaman juga sudah ada arena skate board. Nantinya,  juga akan menantang pemain skate board untuk membuat kejurnas juga di Kota Pariaman. Posisi perserosi adalah sama yaitu mengembangkan sepatu roda maupun skate board serta scooter.  “Kami pengurus Perserosi Sumbar, untuk tiga cabang olahraga tersebut harus sama-sama kita kembangkan,” ujarnya.

Dia Genius Umar mengaku tidak hanya sekedar dilantik, namun harus mampu mengembangkan sport tourism yang mendatangkan orang banyak datang ke Kota Pariaman maupun Sumbar.

“Kami ucapkan selamat kepada para Pemenang, ter­khusus Kairos Semarang, Jawa Tengah, yang meraih Juara Umum I diajang bergengsi Kelas Speed, dan untuk Klub Sepatu Roda asal Jawa Te­ngah, sudah 2 (dua) kali meraih Juara Umum I pada Tahun 2019 lalu, di Kejurnas Sepatu Roda di Kota Pariaman ini,” ujar Genius Umar, ketika menutup rangkaian Kejurnas Sepatu Roda Piala Walikota Pariaman Second Round tahun 2022.

Penutupan Kejurnas Sepatu Roda Piala Walikota Pariaman Second Round Tahun 2022 ini, juga dihadiri langsung oleh Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Perserosi, Velix Vernando Wanggai, beserta jajaran PB Perserosi Pusat, Pe­ngurus Perserosi Provinsi Sumatera Barat, Sekda Kota Pariaman, Yota Balad, beberapa kepala OPD, dan para Pa­nitia acara.

Dirinya juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak, mulai dari Perserosi Provinsi Sumatera Barat dan Perserosi Kota Pariaman, dan semua pihak yang terlibat dalam mensukseskan kejurnas sepatu roda ini, dimana Kota Pariaman menjadi tuan rumah penyelenggaraannya. “Dengan diadakan Kejurnas Sepatu roda ini, kami harap dapat melahirkan atlit-atlit profesional dan handal di kejuaraan sepatu roda, baik untuk daerah Sumatera Barat maupun daerah lainya di Indonesia, dimana olahraga ini sangat diminati oleh kaum millenial, dan berdampak baik bagi pertumbuhan ekonomi daerah,” ung­kapnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top