Menu

H-1, Kelengkapan Logistik Pilkada Tuntas

  Dibaca : 88 kali
H-1, Kelengkapan Logistik Pilkada Tuntas
LOGISTIK —Komisioner KPU Andi Andrawan, Ketua Bawaslu Solsel M Anshar serta penyelenggara lainnya saat memasukan kotak suara dan kelengkapan TPS ke dalam truk untuk didistribusikan ke TPS.

SOLSEL, METRO
Pada “H”-1 pencoblosan di Kabupaten Solok Selatan (Solsel), puluhan truk dikerahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk pendistribusian alat kelengkapan TPS. Di mana hari ini harus selesai.  Data dari KPU Solsel, logistik yang mesti didistribusikan untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Solsek tahun 2020 dan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar 2020  adalah sebanyak 922 kotak suara, 1.383 bilik suara dan ribuan formulir serta alat kelengkapan lain, didistribusikan ke 461 TPS ke 7 kecamatan yang ada.

Anggota KPU Solsel, Devisi Parmas dan SDM, Andi Andrawan Putra, Selasa (8/12), mengatakan, hari ini merupakan  batas waktu pendistelribusian logistik sampai ke TPS yang tersebar di seluruh wilayah Solsel.

Mengingat kasifnya waktu, untuk mengefisienkan kerja, KPU Solsel mendatangkan petugas PPK dan PPS ke gudang logistik KPU Solsel untuk memastikan pendistribusian alat kelengkapan TPS sesuai kebutuhan. ”Logistik yang telah disortir, langsung dipastikan jumlah dan kondisinya oleh PPK dan PPS bersangkutan,” ujar Andi Andrawan Putra. Pihaknya optimis target pendistribusian logistik bisa tuntas sesuai jadwal. “Sejauh ini, tidak ditemukan kendala berarti,” kata Andi.

Mereka memasukkan dan memastikan alat kelengkapan sesuai kebutuhan masuk ke dalam kotak, apa saja yang dibutuhkan dan pendistribusian langsung ke 461 TPS. Hari ini yang telah didistribusikan ke kecamatan Sangir Batang Hari, Sangir Balai Janggo, dan Payah Duo. Sedangkan untuk kecamatan lainnya  pendistribusian masih berjalan.

Terkait surat suara yang ditemukan rusak, ada 149 lembar surat suara pemilihan gubernur dan 1.727 surat suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. Di mana kerusakan itu seperti gradasi warna, tercetak sebelah, salah potong, sobek, bercak tinta. “Tapi semua surat suara yang rusak tidak sudah diganti,” ujar Andi.

Ketua Bawaslu Solsel, M Anshar, mengatakan, Bawaslu melakukan proses pengawasan dari ketersedian logistik dimulai dari kedatangan, pelipatan pengepakan hingga pendistribusian ke TPS. “Kami memastikan logistik sampai ke TPS, setelah itu disetiap TPS akan ada petugas pengawas lapangan (PPL), hingga hari ini dalam pendistribusian kotak suara terpantau aman,”kata Andi. (afr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional