Menu

Guru Penerima Dana Sertifikasi harus Berkualitas

  Dibaca : 85 kali
Guru Penerima Dana Sertifikasi harus Berkualitas
Ilustrasi

JUANDA, METRO – Para guru penerima dana sertifikasi yang ada di Kota Padang diminta untuk meningkatkan kemampuan agar lebih berkualitas. Dana sertifikasi yang telah diterima diharapkan bisa digunakan untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM), bukan untuk kepentingan konsumtif.

“Pemerintah memberikan dana sertifikasi adalah untuk meningkatkan mutu. Jadi dari dana sertifikasi yang diterima, harus digunakan untuk peningkatan mutu. Minimal 20 persen,” sebut Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah dalam Workshop Jaringan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Kota Padang 2019 di Pangeran Beach Hotel, Kamis (21/3).

Mahyeldi menyebutkan, kesejahteraan guru sudah sangat meningkat. Idealnya sebut Mahyeldi peningkatan kesejahteraan ini diiringi dengan peningkatan kemampuan guru, sehingga mampu melahirkan anak-anak didik yang berkualitas.

”Guru hendaknya diharapkan untuk melakukan aktifitas-aktifitas peningkatan mutu dengan dana tersebut. Seperti mengikuti pelatihan, membuat buku. Sekarang ada program kita satu guru satu buku. Ini juga dalam rangka meningkatkan kualitas guru,” terang Mahyeldi.

Selain dana sertifikasi ungkap Mahyeldi, dana BOS juga sebagian diharapkan untuk peningkatan mutu.

”Guru bertanggung jawab untuk memajukan dunia pendidikan. Saya tak mau pendidikan ini dimain-mainkan. Guru harus berkualitas. Apalagi guru yang telah menerima dana sertifikasi. Harus punya kualitas,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Barlius mengatakan, saat ini dana sertifikasi guru langsung masuk ke rekening guru yang bersangkutan. Agar tidak digunakan untuk kepentingan konsumtif saja, setiap guru diminta melaporkan penggunaan dananya minimal 20 persen untuk kepentingan peningkatan kualitas.

”Jadi guru itu kita minta buat laporan kegiatannya dengan memakai dana sertifikasi itu,” sebut Barlius.

Dalam acara yang digelar Badan Perencanaan Daerah Kota Padang itu, juga hadir Ketua Dewan Pendidikan Kota Padang, Prof Ganefri, Kepala Bappeda, Medi Iswandi, guru serta kepala sekolah se-Kota Padang. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional