Menu

Guru Abad 21 harus Kritis dan Kreatif, Satu Guru Satu Buku

  Dibaca : 109 kali
Guru Abad 21 harus Kritis dan Kreatif, Satu Guru Satu Buku
SAGU SABU--Kabid Penmad Syamsul Arifin didampingi Plt. Ka Kankemenag Tanah Datar Abrar Munanda dan Kabid GTK Ali Asmar bersama dengan peserta Pelatihan Sagusabu. (chandraantoni/posmetro)

TANAHDATAR, METRO – Komunitas Penulis Penggiat Literasi (KPPL) Kabupaten Tanah Datar bekerjasama dengan KPPL Kemenag Sumbar dan Media Guru Indonsia Menggelar Pelatihan Penulisan Satu Guru Satu Buku (SAGU-SABU) .

Pelatihan SAGU-SABU KPPL tersebut dibuka secara resmi oleh Ka Kanwil Kemenag Sumbar diwakili Kabid Pendidikan Madrasah (Penmad) Syamsul Arifin di Batusangkar , Sabtu (5/10).

Hadir dalam acara pembukaan Pelatihan Sagusabu tersebut Plt. Kepala Kemenag Kabupaten Tanah Datar Abrar Munanda, Bupati Tanah Datar diwakili Kabid GTK Ali Asmar, Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kabupaten Tanah Datar Yusmarli, Ketua Forum Komunikasi Kepala Madrasah ( FKKM ) Maswardi.

Menurut Laporan Ketua KPPL Prov. Sumbar Agusrida dan Ketua KPPL Kabupaten Tanah Datar Rika Maria menjelaskan kegiatan Pelatihan Sagusabu tersebut diikuti sebanyak 208 orang yang terdiri dari guru dan ASN Kemenag sebanyak 179 orang dan berasal dari Kab. Tanah Datar , Kab. Agam, Kab. Solok Selatan, Kab. Pesisisr Selatan, Kota Padang Panjang dan Kota Sawahlunto.Peserta dari siswa dan mahasiswa berjumlah sebanyak 29 orang berasal dari siswa SD/MI, siswa SMP/MTs, siswa SMA/MA dan mahasiswa Unand dan IAIN. Dengan digelarnya Pelatihan Sagusabu tersebut ,saat ini tercatat Alumninya KPPL sebanyak 500 orang lebih.

Pelatihan SAGU-SABU tersebut berlangsung selama 2 (dua) hari yakni Sabtu dan Minggu (5 dan 6 /10) dengan Keynot Speker H. Hendri, S.Ag, M.Pd dan nara Sumber masing-masing Muhammad Ihsan Pimpinan Umum Media Guru CEO Gurusiana dan Febri Suprapto Instruktur Nasional Media Guru.

Ka Kanwil Kemenag Sumbar dalam arahannya mengatakan guru merupakan motivator bagi siswanya, untuk itu guru harus mampu menjadi teladan bagi siswanya dan masyarakat dilingkunganya. “Guru dan Kompetisi Abad 21 harus Berfikir Kritis, Kreatif, Kolaborasi dan dan Komunikasi,” ungkapnya.

Selanjutnya Plt Kepala Kemenag Kabupaten Tanah Datar Abrar Munanda memberikan apresiasi yang tinggi kepada guru madrasah Tanah Datar selaku Komunitas Penulis Penggiat Literasi (KPPL) yang telah mampu menggelar kegiatan perdana dengan jumlah peserta yang cukup besar sebanyak 200 orang lebih.

Plt. Ka Kankemenag dalam kesempatan itu menghimbau para guru madrasah untuk menyambut baik dengan adanya penyelenggaraan Pelatihan Sagusabu yang digelar KPPL Tanah Datar tersebut, sehingga nantinya guru madrasah di daerah Tanah Datar mampu melahirkan buku untuk satu guru.

Bupati Tanah Datar diwakili Kabid GTK Ali Asmar, dalam sambutannya mengatakan seorang guru harus memiliki kreatifitas dan mampu menghasilkan siswa yang berkualitas.Semenjak tahun 2011 sampai tahun 2019, kualitas pendidikan di Kabupaten Tanah Datar masih masuk terbaik dan dibuktikan dari out put siswanya. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional