Menu

Guguak Panjang Juara MTQ ke-39 Bukittinggi

  Dibaca : 466 kali
Guguak Panjang Juara MTQ ke-39 Bukittinggi
SERAHKAN PIALA— Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias saat menyarahkan piala kepada perwakilan kecamatan Guguak Panjang yang meraih juara umum MTQ Nasional Kota Bukittinggi.

MTQ Nasional Kota Bukittinggi ke-39 tahun 2020 resmi ditutup Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias di halaman Masjid Agung Tangah Sawah, Kamis (5/3) malam.

Kabag Kesra Setdako Bukittinggi, Eryanson, selaku Ketua Umum Pelaksana MTQ ke-39, menjelaskan, MTQ ke-39 tingkat kota Bukittinggi dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari tanggal 3 hingga 5 Maret 2020. Tahun ini, kecamatan Guguak Panjang menjadi tuan rumah pelaksana, dimana ada 9 titik yang dijadikan lokasi perlombaan.

“MTQ ke-39 kota Bukittinggi ini, melombakan 9 cabang dan 17 golongan yang akan digelar di 9 lokasi. Cabang yanh dilombakan, Tilawah, Tartil, Tahfiz, MSQ, MFQ, Kaligrafi, Kitab Standar, Khutbah Jumat dan Azan. Peserta yang ikut berjumlah 297 orang dari tiga kecamatan yang ada dan dinilai oleh 30 dewan hakim,” jelasnya.

Seketaris Dewan Hakim pada MTQ ke 39 tingkat Kota Bukittinggi, Fauzi, menyampaikan hasil keputusan juri setiap cabang lomba. Dari hasil diperoleh secara keseluruhan, kecamatan Guguak Panjang meraih juara umum dengan nilai juara 1 – 115, juara 2 – 57 dan juara 3 – 18, total nilai 190.

Kecamatan MKS, menjadi juara dua dengan nilai juara 1–70, juara 2 – 33, juara 3 – 9, total nilai 112. Kecamatan ABTB, menjadi juara tiga dengan nilai juara 1 – 15, juara 2 – 27, juara 3 – 13, total nilai 55.

Tokoh masyarakat D. DT. Pado Basa, menyampaikan, kebanggannya kecamatan Guguak Panjang telah sukses menjadi tuan rumah MTQ ke 39 dan berhasil menjadi juara umum.
”Ke depan, diharapkan pemko membuat rumah LPTQ, sebagai lokasi pembinaan kafilah Bukittinggi. Selain itu, kami berharap dengan MTQ dan kegiatan keagamaan lainnya, agar marwah dan aqidah generasi muda Bukittinggi selalu dalam koridor hukum, adat istiadat serta berlandaskan agama Islam,” ungkapnya.

Kakan Kemenag Bukittinggi, Abrar Munanda, mengapresiasi kepanitiaan yang sukses melaksanakan MTQ ke 39 kota Bukittinggi.

”Semoga dengan MTQ kali ini lahir bibit potensial untuk menjadi kafilah MTQ Bukittinggi dan dapat mewakili Sumbar ke tingkat nasional. Untuk tahun ini, 3 kafilah Bukittinggi tengah bersiap untuk wakili Sumbar, semoga tahUKn depan dapat ditingkatkan,” ujarnya.

Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan MTQ ke 39 tahun 2020 tingkat kota Bukittinggi. Hasilnya pun telah keluar dan ini juga akan tetap dievaluasi untuk ditingkatkan serta dilakukan pembinaan oleh LPTQ nantinya.

”Pelaksanaan ini tentu akan dievaluasi oleh LPTQ untuk menjaring bibit kafilah bagi Kota Bukittinggi. Kita tetap berkomitmen untuk mengutus kafilah MTQ tingkat Sumbar, yang benar benar dari Bukittinggi. Tidak ada cerita untuk mengambil kafilah dari daerah lain. Prestasi tentu akan dikejar, tapi kejujuran menjadi nomor satu. Sehingga hasil yang didapat menjadi hasil murni kota Bukittinggi untuk terus ditingkarkan,” ungkap Ramlan.

Wako menegaskan, Pemerintah Kota Bukittinggi selalu dukung setiap kegiatan keagamaan dan kebudayaan kota Bukittinggi. “Bersama DPRD, pemko juga menganggarkan setiap kegiatan untuk mendukung bidang keagamaan dan kebudayaan di kota Bukittinggi,” jelasnya. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional