Menu

Gubernur yang Pertama Divaksin Covid-19 di Sumbar

  Dibaca : 338 kali
Gubernur  yang Pertama Divaksin Covid-19 di Sumbar
Irwan Prayitno

PADANG, METRO
Gubernur Irwan Prayitno akan menjadi orang pertama di Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) disuntik vaksin Covid-19 buatan Sinovac asal China pada Kamis (14/1) mendatang. Pemberian vaksin dilaksanakan setelah Presiden Joko Widodo atau Jokowi disuntik vaksin.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal mengatakan, pelaksanaan pemberian vaksin untuk Gubernur Irwan Prayitno dijadwalkan pada tanggal 14 Januari 2021. Sedangkan penyuntikan vaksin tingkat nasional, ditandai dengan penyuntikan vaksin kepada Presiden Jokowi yang dilaksanakan 13 Januari 2021.

“Tadi pagi rapat dipimpin oleh Mendagri Tito Karnavian, salah satu instruksinya adalah pelaksanaan pemberian vaksin tingkat nasional ditandai dengan pemberian vaksin kepada Presiden dan sembilan orang lainnya 13 Januari, kalau di tingkat provinsi dilakukan sehari setelahnya yaitu 14 Januari,” kata Jasman, Rabu (6/1).

Dijelaskannya, pemberian vaksin pada tanggal tersebut dilakukan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur, Forkompinda, DPRD, Kepala Dinkes Sumbar, IDI, tokoh masyarakat atau MUI. Pemberian vaksin tersebut dilaksanakan agar masyarakat merasa tenang terhadap vaksin.

“Lokasinya belum disiapkan dan dalam waktu dekat akan diadakan rapat untuk lokasi vaksinasi tahap pertama ini. Tentunya, jika tempatnya sudah disiapkan, akan kita umumkan,” ungkap Jasman.

Jasman menegaskan, dengan diberikan vaksin kepada Gubernur dan Forkopimda di Sumbar, bertujuan untuk memotivasi masyarakat dan memberikan rasa aman, sekaligus memberikan bukti kalay vaksin ini aman karena telah melalui proses uji yang ketat.

Nantinya, dikatakan Jasman, usai pemberian vaksin kepada Gubernur akan dilanjutkan kepada tenaga kesehatan. Pemberian vaksin dilaksanakan di fasilitas kesehatan seperti Puskesmas, Rumah Sakit, dan fasilitas yang ditetapkan oleh Dinas Kesehatan Sumbar.

“Vaksinnya sudah sampai di Sumbar, sekarang sudah diamankan dengan ketat. Pemberian vaksin kepada tenaga kesehatan akan dilaksanakan di fasilitas kesehatan,” ujarnya.

Sebelumnya, satu truk kontainer yang mengangkut vaksin Sinovac untuk Sumbar tiba di Kota Padang kemarin, Selasa (5/1). Vaksin yang dikirim Biofarma itu datang dikawal ketat oleh mobil dan Polisi bersenjata lengkap dari Mako Brimob Polri.

Vaksin Covid-19 untuk Sumbar sebanyak 36.920 dosis yang dimuat dalam 19 koli. Data Dinas Kesehatan Sumbar, tenaga kesehatan dan relawan yang terdaftar sebanyak 40 ribu orang.

Namun yang akan masuk ke dalam penerima vaksin sekitar 18 ribu orang. Karena jumlah penerima vaksin hanya setengah dari jumlah dosis vaksin yang ada. Pasalnya, untuk proses vaksinasi, satu orang akan mendapatkan dua kali penyuntikan. (fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional