Close

Gubernur Sumbar Motivasi Siswa Bintara tentang Pentingnya Persatuan

FOTO BERSAMA— Gubernur Sumbar Mahyeldi usai acara foto bersama dengan para siswa Seba dan para pewira.

PADANG, METRO–Gubernur Sumbar Mah­yeldi memberikan mo­tivasi tentang pentingnya merawat persatuan bang­sa pada acara Kohesi So­sial Siswa Pendidikan Pem­bentukan Bintara (Dik­tuk­ba) Polri tahun 2021 SPN POLDA Sumbar Padang, di Auditorium Gubernuran, Minggu (7/11).

“Perbedaan adalah anu­­gerah Tuhan yang bu­kan menjadi halangan un­tuk persatuan. Itulah mak­na Bhineka Tunggal Ika yang tertera dalam lam­bang negara, Garuda Pan­casila. Itulah yang harus kita rawat bersama,” kata­nya.

Ia mengatakan penya­tuan beribu pulau, puluhan suku bangsa dalam NKRI adalah buah dari peluh dan darah dari pejuang bangsa yang harus selalu diingat dan dihargai. Cara meng­hargainya adalah dengan merawat persatuan yang telah terwujud. “Carilah persamaan di dalam per­bedaan, pahamilah bahwa perbedaan sebuah anu­gerah, hargai kelebihan dan isilah kekurangan se­hingga persatuan Indonesia tidak bisa dirongrong oleh apapun dan siapa­pun,” tegasnya.

Menurutnya harapan banyak tertumpah pada generasi muda yang pada satu saat akan menjadi para pemimpin bangsa. Karena itu sejak awal wa­wasan kebangsaan harus diperkuat. “Penguatan wa­wasan kebangsaan akan memberikan pemahaman pentingnya persatuan yang akan dijaga demi bangsa dan negara,” pe­san­nya.

Sementara Kakorsis SPN Polda Sumbar, AKBP Yunizar Yudhistira SH, MH melaporkan bahwa ke­gia­tan ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di SPN Padang Besi. Jumlah siswa sebanyak 421 de­ngan rincian, Sumbar 253 siswa, Papua 68 siswa, Papua Ba­rat 100 siswa. Pendidikan dilaksanakan selama 5 bu­lan. Hadir da­lam acara ter­sebut me­wakili Kepala SPN, AKBP Yunizar Yudhistira SH, MH Kakorsis SPN Polda Sum­bar dan jajaran penga­ suh serta 421 siswa SPN Padang Besi.(fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top