Menu

Gubernur Sumbar Bantu Peternak Madu Galo-Galo, Khasiatnya Ampuh untuk Berbagai Penyakit

  Dibaca : 115 kali
Gubernur Sumbar Bantu Peternak Madu Galo-Galo, Khasiatnya Ampuh untuk Berbagai Penyakit
MADU GALO-GALO— Gubernur Sumbar Mahyeldi memegang madu galo-galo hasil budi daya Kelompok Hutan Kemasyarakatan Lurah Basuang di Desa Batu Tanjung, Kecamatan Talawi.

SAWAHLUNTO, METRO–Gubernur Sumbar Mah­yeldi menyerahkan ban­tuan 240 buah stup/koloni lebah madu Galo-Galo untuk dibudidayakan Ke­lompok Hutan Kemasya­rakatan Lurah Basuang di Desa Batu Tanjung, Ke­camatan Talawi Kota Sa­wahlunto, Senin (31/5). “Khasiat dari madu cukup ampuh untuk berbagai penyakit, di samping un­tuk ketahanan (stamina) tubuh. Karena selain ma­nis, madu juga banyak mengandung khasiat. Dan hal ini, sepertinya kita semua sudah pernah me­ra­sakannya dan mema­hami akan manfaat dan khasiat dari madu. Madu juga mengandung antiok­sidan dan baik bagi ma­syarakat umum dari ber­bagai usia, madu ini multi fungsi,” kata gubernur.

Selain madu, dari le­bah biasa saat ini juga ada berkembang dan dikem­bangkan madu yang tidak kalah khasiatnya. Bahkan, lebih tinggi khasiatnya dari madu lebah biasa. Madu dari jenis lebah tak bersengat, yaitu Galo-galo (trigona sp) atau yang biasa juga kita kenal de­ngan nama madu kelulut.

Kota Sawahlunto, me­miliki potensi yang sangat besar untuk pengem­ba­ngan dan peternakan ser­ta pengolahan madu le­bah Galo-Galo ini. Dan saat ini, menurut data tahun 2021, Kota Sawah­lunto sudah mempunyai 24 orang pembudidaya lebah madu Galo-Galo dengan 718 stup/koloni yang hasil produksinya tercatat sudah men­ca­pai145,6 Kg.

Untuk Sawahlunto, He­ri Setiawan adalah pelopor budidaya lebah madu Ga­lo-Galo yang cukup tekun dan gigih sedari awal hing­ga sekarang dan ber­hasil panen secara terus mene­rus, pada setiap ming­gunya. Dari Heri ini­lah, yang kemudian me­ngin­spirasi dan memo­tivasi banyak masyarakat lain­nya untuk ikut menjadi pembudidaya madu.

Walikota Sawahlunto Deri Asta sangat antusias dan apresiasi atas duku­ngan pemerintah Propinsi Sumbar atas perkem­bang­an madu galo-galo ini. “Kita ucapkan terimakasih kepada Pemprov Sumbar di bawah pimpinan Gu­bernur Mahyeldi, yang telah memberikan ban­tuan stup/koloni lebah madu Galo-Galo kepada warga Sawahlunto. Ban­tuan ini sangat berarti dan berperan besar dalam meningkatkan perkem­ba­ngan budidaya lebah madu Galo-Galo di Kota Sawah­lunto,” ujar Deri Asta.

“Kita mencatat dan siap menindaklanjuti usu­lan dari Gubernur Mah­yeldi agar lebah madu Galo-Galo ini kita berikan sebagai makanan pen­damping untuk mening­katkan imunitas tubuh bagi ibu hamil, balita, pe­lajar sekolah dan Lansia. Hal ini, sebuah usulan yang sangat bagus dan apa lagi Gubernur Sumbar siap mendukungnya,” urai Deri Asta.

Untuk itu, terima kasih kepada Dinas Kehutanan Provinsi Sumbar yang te­lah memfasilitasi ban­tuan stup/koloni untuk Kelom­pok Hutan Kema­syar­a­katan Lurah Ba­sua­ng di Desa Batu Tanjung. Ten­tunya harapan ber­sama, ke depannya Dinas Kehu­ta­nan dapat secara terus menerus mem­be­rikan ban­tuan kepada Ke­lom­pok Hu­tan Kema­sya­rakatan lain­nya di Kota Sawah­lunto.

Bagi masyarakat yang akan menjadi pembu­dida­ya madu Galo-Galo agar dapat hendaknya untuk memulai dengan mempe­lajarinya terlebih dahulu secara datail. Agar keil­muan tentang pem­budi­dayaan ini, dapat be­nar-benar dikuasai agar mem­beri hasil maksimal

Gubernur Sumbar, Mah­­yeldi pada kesempatan ini juga mencanangkan Ge­rakan Minum Madu Asli (GEMMA). Dengan gera­kan ini, kita tingkatkan tingkat konsumsi madu asli di Sumatera Barat, khususnya di Kota Sa­wahlunto.

“Terimakasih tak ter­hingga kita sampaikan kepada peneliti madu Ga­lo-Galo dari Universitas Andalas (Unand), Padang Prof Siti Salmah yang sed­ari awal telah mendam­pingi dan membina para pembudidaya madu Galo-Galo di Kota Sawahlunto. Dengan bekal ilmu serta bimbingan Prof Siti Sal­mah, madu Galo-Galo Sa­wah­lunto telah ber­kon­tribusi dan berhasil dalam pembudidayaan madu Galo-Galo atau madu Ke­lulut di Kota Sawahlunto,” kata Deri Asta. (pin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional