Menu

Gubernur Riau Tuding Peningkatan Covid-19 Berasal dari Sumbar, Mahyeldi: Mungkin Saja, Masyarakat Sumbar Banyak Masuk ke Riau

  Dibaca : 84 kali
Gubernur Riau Tuding Peningkatan Covid-19 Berasal dari Sumbar, Mahyeldi: Mungkin Saja, Masyarakat Sumbar Banyak Masuk ke Riau
Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah

PADANG, METRO–Gubernur Sumbar Mah­yeldi Ansharullah ti­dak memungkiri, kasus po­sitif Covid-19 yang muncul di Provinsi Riau berasal dari masyarakat Sumbar. “Mungkin saja dari ma­syarakat Sumbar. Karena dari Sumbar ke Riau juga banyak yang masuk. Begitu juga dari Riau ke Sumbar dan Padang juga banyak. Jadi saling bertukar,” ung­kap Mahyeldi, Kamis (12/8).

Apa yang diungkapkan Mahyeldi ini merespon tudingan Gubernur Riau, Syamsuar menduga pe­ningkatan kasus Covid-19­ di daerah itu berasal dari Provinsi Sumbar dan Su­matra Utara (Sumut). Se­bab pendatang dari dua provinsi itu meningkat be­berapa hari terakhir.

Syamsuar me­nye­but­kan dalam beberapa hari ini ada tren, terutama war­ga yang datang dari pro­vinsi lain. Di mana jumlah kasus positifnya mening­katkan. Ada indikasi yang tinggi datang dari Su­ma­tera Barat dan Su­matera Utara.

Hal itu disampaikan Syam­suar menyusul em­pat daerah di Riau yang berstatus Level 4 penye­baran Covid-19. Ke­em­pat daerah itu yakni, Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Siak, dan Kabu­paten Rokan Hulu.

Mahyeldi menam­bah­kan, dengan kondisi ter­sebut, dirinya akan menge­valuasi apakah perlu dila­kukan pengetatan kembali. Namun, Mahyeldi me­ngi­ngatkan kepada masya­rakat untuk yang beper­gian ke luar daerah, pen­tingnya meningkatkan di­siplin protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Tidak hanya ke Provinsi Riau, bahkan menurut Mah­yeldi, berdasarkan kajian dari Akademisi Universitas Indonesia (UI) penyebaran Covid-19 jus­tru sekarang  antar pulau dan jalur masuk masya­rakat ke daerah melalui penerbangn. “Cara yang terbaik taat prokes. Ini penting pencegahan dari hulu, Presiden RI telah menyampaikan dua hal penting, yakni disiplin pro­kes dan pentingnya meng­gerakan ekonomi,” ung­kap­nya.(fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional