Menu

Gubernur Pantau Kesiapan Pilkada Agam

  Dibaca : 92 kali
Gubernur Pantau Kesiapan Pilkada Agam
PANTAU KESIAPAKAN PILKADA— Gubernur Sumbar Irwan Prayitno memantau kesiapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Agam.

AGAM, METRO
Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno turun ke bawah memantau kesiapan pelaksanaan Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Agam. Kedatangan rombongan Gubernur Sumbar yang didampingi Kaban Kesbangpol Sumbar, Nazwir ini, disambut Sekdakab Agam, Martias Wanto, di rumah dinas Bupati Agam.

Dalam kesempatan tersebut, turut dihadiri Ketua KPU Agam, Riko Antoni, Ketua Bawaslu Agam, Elvys, Wakapolres Agam, Kajari Agam dan beberapa pimpinan OPD. “Kita dari provinsi mengunjungi setiap daerah, untuk memantau kesiapan dalam melaksanakan Pilkada serentak 2020,” kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, kemarin.

Khusus Agam, katanya, sesuai yang dilaporkan KPU dan Bawaslu persiapan sudah berjalan sesuai perencanaan, meski ada sebagian surat suara yang belum sampai. “Kita berharap secepatnya surat suara itu sudah tiba di Agam,” sebut Irwan.

Kemudian di segi ketertiban dan keamanan, Pemkab Agam bersama pihak kepolisian dan TNI juga sudah mengantisipasinya. Di sisi lain, kesiapan alat protokol kesehatan juga sudah ready, bahkan telah dulu didistribusiakan. Dengan ketersediaan alat prokes, diharapkannya tidak terjadi kluster pilkada dalam penyebaran Covid-19. “Kita cukup puas dengan kesiapan Pilkada serentak di Kabupaten Agam,” ujar Irwan.

Sementara, Ketua KPU Agam, Riko Antoni mengatakan, persiapan dari kesiapan pelaksanaan Pilkada 2020, KPU sudah merampungkan perekrutan PPK, PPS dan KPPS dengan jumlah 12.746 orang. “Kita di Agam memiliki 361.789 pemilih, dengan jumlah TPS 1.380 unit,” sebut Riko.

Persiapan lain yang sudah dilaksanakan seperti sortir dan lipat surat suara, namun masih ada kekurangan baik surat suara untuk bupati dan wakil bupati, maupun gubernur dan wakil gubernur. “Kita sudah minta penambahan surat suara, Insyaallah hari ini sampai di Agam,” kata Riko.

Saat ini, katanya, sedang berlangsung proses packing, pengesetan formulir dan surat suara, yang rencananya akan didistribusikan ke nagari 7 Desember 2020. Kemudian esoknya, 8 Desember 2020 logistik itu digeser ke TPS, saat itu juga KPPS sudah bermalam di TPS sembari membentuk TPS dan mengamankan logistik. “Pendistribusian logistik ini kita dikawal oleh pihak kepolisian,” imbuh Riko.

Beberapa logistik lainnya, ulas Riko, sudah mulai didistribusikan seperti alat peralatan protokol kesehatan berupa baju hazmat, termogun, tempat cuci tangan dan lainnya. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional