Menu

Gubernur Minta Wako segera Tetapkan Wawako, ”Kota Padang harus Bergerak dan Bangkit”

  Dibaca : 94 kali
Gubernur Minta Wako segera Tetapkan Wawako, ”Kota Padang harus Bergerak dan Bangkit”
BERSALAMAN— Wali Kota Hendri Septa bersalaman dengan Gubernur Sumbar Mahyeldi, saat menghadiri Rapat Paripurna Istimewa Memperingati HJK Padang ke-352 tahun dengan protokol kesehatan ketat di Ruang Sidang Utama DPRD, Sabtu (7/8).

SAWAHAN, METRO–Tepat 7 Agustus 2021 ini, Kota Padang genap memasuki usia ke-352 tahun. Usia ini tentunya cukup matang bagi sebuah daerah. Sama seperti tahun sebelumnya, untuk peringatan sekaligus perayaan hari jadi bagi Ibu Kota Provinsi Sumbar itu masih digelar di tengah pandemi Covid-19.

Apalagi kota yang berpenduduk hampir 1 Juta jiwa tersebut saat ini tengah menjalankan pembatasan pemberlakuan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 demi pengendalian Covid-19.

Meski demikian, Peme­rintah Kota Padang ber­sama DPRD Kota Padang tetap menggelar Rapat Paripurna Istimewa Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Kota Padang ke-352 tahun dengan protokol ke­se­hatan ketat di Ruang Si­dang Utama kantor DPRD, Sabtu (7/8).

PIN EMAS— Wali Kota Hendri Septa menyerahkan pin emas dan penghargaan kepada salah satu tokoh masyarakat di Kota Padang Andreas Sofiandi. Penghargaan diberikan kepada 10 tokoh sebagai bentuk apresiasi Pemko Padang atas dedikasi dan atensi yang sangat baik di berbagai bidang.

Gubernur Sumbar Mah­­­­yel­di Dt Marajo dalam sidang paripurna tersebut, menyampaikan atas nama Pemerintah Provinsi Sumbar mengucapkan selamat Hari Jadi bagi Kota Padang yang ke-352 tahun.

“Meski dalam keadaan apapun, Kota Padang ha­rus terus bergerak dan bangkit. Terutama dalam mengendalikan pandemi Covid-19 yang mewabah hampir dua tahun ini. Ba­nyak yang harus kita laku­kan ke depan, semoga de­ngan semangat keber­sa­maan Kota Padang bisa makin sukses dan keluar dari pandemi ini dalam waktu dekat. Ketika kota atau kabupaten sukses maka provinsi juga akan ikut sukses,” ujarnya.

Ia meminta kepada Wali Kota Padang untuk dapat mengisi kekosongan kursi Wawako Padang. Su­pa­ya roda pemerin­tahan dapat berjalan dengan maksimal dan ketim­pa­ngan tak terjadi nanti.

Mahyeldi meng­ingat­kan hal ini karena posisi wawako Padang yang ma­sih kosong hingga saat ini. Yaitu, sejak dilantiknya Hendri Septa sekitar empat bulan lalu sebagai wali kota, tepatnya pada April lalu.

Pada kesempatan itu, Mahyeldi juga menyam­paikan kepada Pemko Pa­dang, sebagaimana juga ha­ra­pan dari anggota DPRD Padang, untuk se­gera mengisi kekosongan-kekosongan jabatan dalam pemerintahan saat ini.

“Untuk segera mengisi kekosongan, baik keko­songan di pemerintahan daerah ataupun juga keko­songan wakil wali Kota Pa­dang. Sehingga pem­bangu­­nan di Kota Padang lebih lancar dan lebih baik untuk masa yang akan datang,” katanya.

Apresiasi DPRD

Sementara, Ketua DPRD Kota Padang, Sya­frial mengapresiasi pen­capaian dan prestasi pem­bangunan yang ada di Kota Padang. “Kami patut apre­siasi Pemko Padang dalam mewujudkan visi-misi dan program unggulan (progul) Pemko Padang sejauh ini. Meski di tengah pandemi pembangunan tetap jalan. Ini menunjukkan kegiatan pemerintahan di Kota Pa­dang di bawah kepemim­pinan Wali Kota Hendri Septa berjalan dengan optimal. Semoga prestasi ini tetap optimal,” katanya.

Ia berharap momen peringatan HUT Kota Pa­dang tahun ini jangan ha­nya menjadi kegiatan rutin tahunan saja. “Namun ba­gai­mana hendaknya sama-sama menjadi ajang eva­luasi untuk peningkatan pembangunan dan kese­jah­teraan masyarakat Ko­ta Padang yang berdaya saing ke depan. Terutama bagaimana bangkit dari pandemi Covid-19,” papar­nya.

Mengenai kekosongan kursi Wawako Padang lan­jut­nya partai pengusung diminta sikapi segera dan ki­rimkan namanya ke DPRD. Supaya Pansel bisa dibentuk dan pemilihan dapat dilakukan.

Wako: Percepat Pemulihan Ekonomi

Sementara, Wali Kota Padang Hendri Septa me­nyam­paikan atas nama pe­merintah kota dan masya­rakat Kota Padang, meng­ucap­kan terima kasih dan apresiasi kepada se­mua pihak dan seluruh masyarakat Kota Padang yang telah ikut bersama-sama mendukung kema­juan pembangunan di Kota Padang sejauh ini.

“Alhamdulillah, hari ini tepat sudah 352 tahun usia Kota Padang. Semua kema­juan dan berbagai prestasi pembangunan telah ber­hasil diraih Kota Padang sampai saat ini. Ini semua adalah berkat kebersa­maan dan sinergi yang luar biasa dari semua pihak terutama warga Kota Pa­dang,” ucapnya

Ia menyebutkan, ada­pun yang menjadi perha­tian serius bagi Kota Pa­dang saat ini adalah me­nyikapi pandemi Covid-19 yang masih melanda. Ber­bagai upaya terus dila­kukan termasuk merefo­cusing anggaran pemko untuk dialihkan ke pe­na­nga­nan virus mem­baha­ya­kan tersebut.

“ Alhamdulillah, tingkat ke­sem­buhan warga yang ter­kena positif Covid-19 di kota ini pun termasuk yang cu­kup tinggi di Indonesia,” papar­nya.

Itu semua lanjut Hen­dri, dikarenakan begitu ting­ginya kepedulian selu­ruh pihak baik unsur Forko­pim­da, DPRD, BUMN/BUMD dan pihak swasta serta seluruh elemen mas­yarakat dan lainnya.  (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional