Menu

Gubernur Kukuhkan Bunda PAUD Provinsi dan Kabupaten/Kota, PAUD adalah Fondasi Generasi Emas Indonesia

  Dibaca : 66 kali
Gubernur Kukuhkan Bunda PAUD Provinsi dan Kabupaten/Kota, PAUD adalah Fondasi Generasi Emas Indonesia
PENGUKUHAN BUNDA PAUD— Gubernur Sumbar Mahyeldi saat melantikBunda PAUD Provinsi dan Bunda PAUD Kabupaten/Kota Sumbar di Auditorium Gubernuran, Senin (23/8).

SUDIRMAN, METRO–Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi menyebut Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah pondasi bagi terbentuknya generasi emas Indonesia pada 2045 karena itu harus menjadi perhatian penting bagi bupati dan wali kota yang memiliki kewenangan.

“Pada 2045 adalah pun­cak bonus demografi Indonesia yaitu usia produktif lebih banyak dari penduduk usia tua. Saat itu adalah momentum Indonesia bisa menjadi salah satu negara besar dunia. Untuk bisa mencapainya harus mem­per­kuat pondasi yaitu di PAUD,” ujarnya saat me­ngu­kuhkan Bunda PAUD Provinsi dan Bunda PAUD Kabupaten/Kota Sumbar di Auditorium Gubernuran, Senin (23/8).

Gubernur mengatakan layaknya bangunan, jika fondasi tidak kuat maka akan gampang untuk ro­boh. Karena itu perhatian terhadap pondasi generasi emas Indonesia 2045 tidak boleh setengah-setengah.

“Kita harus memberi­kan yang terbaik bagi PAUD agar benar-benar bisa menciptakan generasi yang memiliki dasar yang kuat untuk menyerap ilmu, generasi yang beriman dan berakhlak mulia agar nanti cita-cita Indonesia menjadi negara besar bisa tercapai,” ujarnya.

Ia mengimbau bupati dan wali kota untuk bisa memperhatikan kualitas PAUD serta membantu meningkatkan kesejah­te­raan relawan PAUD yang ada di daerah. Karena jika kesejahteraan relawan itu telah tercapai, mereka bisa fokus menumpahkan se­mua perhatian untuk mem­­berikan pondasi pen­di­dikan terbaik bagi ge­nerasi masa datang.

Sementara itu Bunda PAUD Provinsi yang baru dikukuhkan, Ny. Harneli Bahar mengatakan pengu­ku­han yang dilakukan me­nandai tertumpangnya ama­­nah ke pundak Bunda PAUD untuk berperan da­lam mewujudkan pendidi­kan anak usia dini (PAUD) berkualitas di Sumbar.

Hal tersebut sesuai de­ngan pedoman peran bun­da PAUD dari Kemen­dik­bud RI yaitu diantaranya berperan sebagai figur dan tokoh sentral gerakan na­sional PAUD berkualitas di Indonesia,  dengan mem­berikan sumbangan pemi­kiran, sosialisasi, dan ad­vokasi pelaksanaan gera­kan PAUD berkualitas.

Kemudian mendorong parti­sipasi dan peran serta mas­yarakat dalam men­du­kung pembinaan penye­leng­garaan dan pengem­bangan layanan PAUD ber­kualitas, memotivasi pe­nge­lola, penyelenggara, pem­bina serta guru dan tenaga kependidikan da­lam menyelenggarakan layanan paud berkualitas.

Lalu mengoptimalkan sumber dana untuk men­dukung penyelenggaraan layanan PAUD berkualitas di wilayahnya, melalui sum­ber dana seperti: APBN, APBD, Dana Desa, CSR, dan/atau sumber-sumber lain yang ada di masyarakat dan beberapa peran lain yang vital.

Ia menyebut tujuan utama dari semua peran Bunda PAUD ini adalah terciptanya layanan PAUD berkualitas.

“Langkah awal dari upa­­ya melahirkan layanan paud berkualitas tersebut, adalah dengan pengu­ku­han Bunda PAUD seba­gai­mana yang kita lakukan hari ini. Selanjutnya, ber­da­sarkan 13 peran bunda PAUD, maka diharapkan Bunda PAUD menjadi motor penggerak di daerah masing-masing dengan menyusun program-program berbasis kebutuhan daerah,” ujarnya.

Sesuai PP No. 60 tahun 2013 tentang pengem­ba­ngan anak usia dini holistik integratif, yang disebut dengan anak usia dini ada­lah anak sejak janin dalam kandungan sampai de­ngan usia 6 tahun yang dikelompokkan atas janin dalam kandungan sampai lahir, lahir sampai dengan usia 28 hari, usia 1 sampai dengan 24 bulan, dan usia 2 sampai dengan 6 tahun.

Pernyataan tersebut menjelaskan bahwa PAUD holistik  integratif menyen­tuh semua aspek pengem­bangan, meliputi aspek fisik, mental dan kecer­dasan anak, sejak dari da­lam kandungan sam­­pai usia 6 tahun.

“Hal ini juga menun­juk­kan bahwa layanan paud berkualitas harus meli­bat­kan semua pelaksana pen­didikan mulai dari orang tua, lingkungan masya­rakat, sekolah, pemerintah dan instansi-instansi ter­kait yang dapat mendu­kung gerakan layanan paud berkualitas tersebut berjalan dengan baik,” ujar­nya. (fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional