Menu

Gubernur Instruksikan Pemprov Sumbar Bantu Korban 

  Dibaca : 65 kali
Gubernur Instruksikan Pemprov Sumbar Bantu Korban 
TINJAU LOKASI— Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah meninjau korban banjir di Perumahan Griya Anak Air Permai, Kecamatan Kototangah, Kamis (19/8) pagi.

GUBERNUR Sumbar Mahyeldi An­sharullah mengatakan, Pemprov Sumbar memberikan dukungan bagi Pemko Padang dalam penyaluran bantuan untuk korban banjir di kota ini.

“Sesuai SOP, bantuan akan disalurkan oleh Pemko Padang. Dapur umum dibuat untuk mensuport makan warga. Pemprov Sumbar akan memberikan dukungan penuh,” ujar Mahyeldi saat meninjau korban banjir di Peru­ma­han Griya Anak Air Per­mai, Kototangah, Kamis, (19/8).

Ia meminta Pemko Pa­dang untuk meng­infor­ma­sikan kebutuhan yang ma­sih kurang dan akan segera dibantu oleh instansi ter­kait di Sumbar.”Kita sudah instruksikan agar menjalin koordinasi dan sinergi guna mengantisipasi bencana ini,” ujarnya.

Berdasarkan laporan warga, kata Mahyeldi, air datang dan naik secara tiba-tiba. Kemungkinan ada yang menahan air seperti, sampah atau tumpukan kayu, lalu volume yang terkumpul lepas secara tiba-tiba.

Mahyeldi menyebut se­gera memerintahkan tim ber­­koordinasi dengan Pem­­ko Padang, untuk me­me­riksa kondisi aliran su­ngai, hingga ke hulu. Jika ditemui persoalan, maka dicarikan solusi terbaik.

Selain meninjau korban banjir, Mahyeldi juga mem­berikan bantuan tang­gap darurat bagi warga yang terdampak banjir akibat meluapnya sejum­lah sungai melintas di Kota Padang.

Sementara itu, salah seorang korban banjir di Komplek Perumahan Griya Anak Air Permai, Eka (40) mengataka, data se­men­tara 160 rumah di RT 005/RW15 terendam banjir dan mungkin masih bisa ber­tambah karena belum se­mua terdata.

Ia bercerita air mulai naik pukul 20.30 WIB secara tiba-tiba hingga menge­jut­kan warga.  Banyak yang terjebak di rumah yang tergenang. Beruntung be­berapa tim diturunkan Pem­ko Padang dan Pem­prov Sumbar bahu mem­bahu mengevakuasi kor­ban, dengan menggunakan perahu karet. Air yang menggenangi rumah war­ga baru surut Kamis dini hari sekitar pukul 1.30 WIB dini hari. (fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional