Menu

Gubernur Dukung Optimalisasi Potensi Wisata Nagari

  Dibaca : 41 kali
Gubernur Dukung Optimalisasi Potensi Wisata Nagari
SAMBUTAN—Gubernur Sumbar Mahyledi berikans ambutan saat menjajal wisata arung jeram di Nagari Padang Tarok, Kabupaten Agam, Minggu (5/9).

PADANG, METRO–Gubernur Sumatera Ba­rat Mahyeldi mendukung optimalisasi potensi wisata yang ada di Nagari untuk meningkatkan pereko­no­mian dan kesejahteraan masyarakat. “Semua po­tensi yang ada di Nagari harus digali secara mak­simal untuk sebesar-be­sarnya meningkatkan ke­se­jahteraan masyarakat termasuk potensi wisata,” katanya saat menjajal wi­sata arung jeram di Nagari Padang Tarok, Kabupaten Agam, Minggu (5/9).

Dia memprediksi sek­tor pariwisata akan kem­bali menggeliat setelah pandemi COVID-19 ber­akhir. Wisata itu akan me­ngarah pada wisata ke­luarga. Karena itu potensi wisata yang ada di daerah atau Nagari harus mulai di benahi sejak sekarang.

Menurutnya banyak Nagari di Sumatera Barat yang memiliki potensi wi­sata. Karena itu masing-masing Nagari harus me­miliki keunggulan dan agar wisatawan tertarik untuk datang. “Kebersihan juga harus dijaga agar tidak mengurangi keindahan destinasi,” katanya.

Namun ia me­ngi­ngat­kan pengelolaan wisata di Nagari tidak hanya per­soalan destinasi tetapi juga keramahan dan pene­rimaan masyarakat terha­dap wisatawan.

Masyarakat yang ra­mah dan memberikan pe­la­yanan yang baik serta tidak ada pungli akan men­jadi salah satu keunggulan yang memberikan kenya­manan bagi wisatawan. Di Nagari di Sumatera Barat yang sebagian pendu­duk­nya pergi merantau ba­nyak rumah yang kosong tanpa penghuni. Hal itu jika dikelola dengan baik juga bisa menjadi keunggulan dengan menyediakan ho­me­stay.

Salah seorang Tim geo­park Ranah Minang, Am­bodal mengatakan topo­grafi Sumbar yang ber­bukit-bukit dan berlembah serta banyak dialiri sungai sangat potensial untuk di manfaatkan sebagai wisata arung jeram seperti di Pa­dang Tarok, Agam.

Ia berpesan agar ma­syarakat menjaga keaslian alam dalam pengelolaan wisata arung jeram ter­sebut sehingga memiliki daya tarik tersendiri. Salah satu kendala dalam wisata sungai di Sumbar menu­rutnya adalah kebersihan karena banyak ditemui sampah plastik yang diha­nyutkan aliran sungai.

“Ini harus benar-benar menjadi perhatian agar tidak mengganggu kenya­manan wisatawan saat be­rarung jeram,” katanya.

Wali Nagari Padang Tarok mengatakan penge­lolaan wisata arung jeram di daerah itu dilakukan oleh Pokdarwis Salingka Alam. Meski baru bergerak namun dengan dukungan semua pihak dan konsep dari penasehat yang me­rupakan lulusan dari luar negeri diyakini wisata a­rum jeram itu akan se­makin maju. “Kami butuh dukungan terutama untuk sarana prasarana yang saat ini masih meminjam,” ujarnya. (fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional