Menu

Gubernur Dorong KNPI Sumbar Muncul Jadi Tokoh Nasional

  Dibaca : 51 kali
Gubernur Dorong KNPI Sumbar Muncul Jadi Tokoh Nasional
TERIMA—Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, saat menerima Perwakilan KNPI Sumbar di Padang, Jumat (6/8)..

PADANG, METRO–Gubernur Sumatera Ba­rat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah mendorong Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di dae­rah itu untuk memperluas jaringan, guna memunculkan tokoh-tokoh muda di pentas nasional. “Pemimpin itu tidak datang begitu sa­ja. Tetapi harus pada u­paya dan strategi untuk memunculkannya. KNPI Sumbar harus mengambil peran untuk menciptakan tokoh nasional dari Sumbar,” kata Mahyeldi, saat menerima Perwakilan KN­PI Sumbar di Padang, Jumat (6/8).

Mahyeldi menilai ada dua strategi yang bisa digunakan untuk memunculkan tokoh muda Sumbar di pentas nasional salah satunya mengandalkan jari­ngan tidak saja yang ada di Sumbar. Tetapi juga pe­rantau keturunan Minang di berbagai daerah terutama di pusat.

Strategi kedua adalah dengan meningkatkan kua­litas generasi muda melalui jalur pendidikan. Se­hingga memiliki kapasitas untuk muncul sebagai to­koh nasional.

Ia menilai generasi mu­da Sumbar memiliki peluang yang sangat besar untuk bisa kembali menjadi tokoh-tokoh yang berpengaruh di tingkat nasio­n­al.

Kearifan lokal di surau dan lapau yang menempa generasi muda di tingkat nagari untuk menguasai soft skill seperti kemampuan negoisasi, mengeluarkan pendapat secara santun. Bahkan berdebat kembali dihidupkan pascareformasi dengan gerakan kembali ke nagari.

Perantau Minang di pusat sebagian juga menempati posisi strategis. Sehingga diharapkan bisa mem­berikan kesempatan kepada generasi muda Sumbar untuk memasuki pentas nasional.

Sementara untuk pendidikan guna meningkatkan kualitas pemerintah daerah juga telah memiliki strategi untuk diimplementasikan segera mulai dari pendidikan dasar hingga tingkat SMA sederajat.

Ketua KNPI Sumbar Fadly Amran mengatakan upaya pengkaderan ge­nerasi muda melalui organisasi itu salah satunya memang bertujuan untuk memunculkan tokoh-tokoh di tingkat nasional.

Yang mengatakan selama masa kepemimpinannya seluruh tugas telah dijalankan dengan baik. Bahkan KNPI pada beberapa daerah yang semula tidak aktif sudah diaktifkan kem­bali.

Terakhir tinggal satu agenda yang harus digelar yaitu Musda yang rencananya dilaksanakan pa­da September 2021 itu di Kabupaten Kepulauan Men­tawai. “Kami berha­rap Gubernur bisa menghadiri Musda di Mentawai tersebut,” katanya.(fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional