Menu

Goro Bersama Bersihkan Sampah di Drainase Aliran Sungai Parak Laweh

  Dibaca : 32 kali
Goro Bersama Bersihkan Sampah di Drainase Aliran Sungai Parak Laweh
Ketua LPM Parak Laweh Nan XX, Elfirman dan Bendahara Laily Alidar BA bersama Lurah, Yona Katika Dewi, Anggota DPRD Padang, Febrinal dan Mantan Lurah Murikhwan, Tokoh Warga Yusra MS.

LPM bersama Lurah Parak Laweh Palau Aia Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung (Lubeg) dan warga melaksanakan gotong royong (goro), Minggu (2/12) di RT 01, RW 05.

Goro bersama membersihkan sampah di drainase yang merupakan aliran Sungai Parak Laweh. Pada kesempatan goro tersebut, juga dilaksankaan pelebaran drainase di Jalan Utama Parak Laweh.

Goro melibatkan Ketua, Sekretaris dan Bendahara LPM, jajaran Kelurahan, RT, RW, Pemuda, Tokoh Warga Kelurahan Parak Laweh Pulau Aia Nan XX dan ratusan warga.

Ketua LPM Kelurahan Parak Laweh Pulau Aia Nan XX, Elfirwan didampingi Bendahara LPM, Laily Alidar, BA mengatakan, goro dilaksanakanj, karena kondisi selama ini apabila hari hujan sering terjadi banjir di lokasi ini.

Kondisi ini terjadi disebabkan banyak sampah yang diangkut aliran sungai. Selain itu, juga disebabkan karena terjadinya pendangkalan sungai oleh sendimen lumpur. “Sendimennya sudah banyak, akibatnya drainase tersumbat hingga aliran sungai meluap air ke rumah warga. Bahkan sampai ke kantor lurah,” ujar Elfirwan.

Setelah goro membersihkan drainase aliran sungai Parak Laweh ini, maka selanjutnya drainase ini akan diisi dengan bibit ikan larangan, yang merupakan salah satu program LPM. Elfirwan mengungkapkan, goro ini selain bentuk kepedulian warga terhadap lingkungan, juga menjadi ajang silaturahmi warga.

Lurah Parak Laweh Palau Aia Nan XX , Yona Katika Dewi mengatakan, setelah goro ini, program dari Pemko ke depannya mengadakan goro bersama di lingkungan kelurahan bersama LPM, membersihkan saluran got. “Kita imbau seluruh warga, supaya menjaga kebersihan dan jangan buang sampah lagi ke aliran sungai ini. Mudah–mudahan dengan kegiatan ini, prilaku masyarakat bisa berubah. Kerjasama kita harapkan untuk pembangunan kampung kita ini,” harapnya.

Anggota DPRD Kota Padang, Febrinal mengatakan, dengan dilaksanakannya goro ini, dapat menjalin silahturahmi warga Parak Laweh. “Kami bisa saling bahu membahu baik secara moril dan materil untuk tercipta keakraban,” ungkapnya.

Memasuki tahun politik ini, Febrinal juga berharap, melalui goro ini dapat menciptakan pemilu badusanak bersama–sama. Apalagi saat goro ini juga hadir Mantan Lurah Parak Laweh Pulau Aia Nan XX, Murikhwan dan tokoh warga yang ikut Mencaleg di Dapil III untuk pemilihan Anggota DPRD Kota Padang, Yusra MS.

Mantan Lurah Parak Laweh Pulau Aia Nan XX, Murikhwan mengatakan, melalui kegiatan program kali bersih, bersih lingkungan, bersih hati, dilaksanakan dengan mengeruk sendimen yang telah menutupi aliran sungai ini, akan membuat sungai bersih kembali.\

Sementara, Tokoh Warga, Yusra MS mengatakan, apa yang dilakukan oleh LPM ini ke depan harus dapat disinergikan dengan program Pemko Padang. “Kita akan sinergi bersama. Tanpa diminta kita akan memajukan untuk kemajuan kampung kita,” harapnya.(**)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional