Menu

Germas untuk Menimalisir Malaria harus Diiringi Prokes di Kota Solok

  Dibaca : 129 kali
Germas untuk Menimalisir Malaria harus Diiringi Prokes di Kota Solok
SOSIALISASI— Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra saat mengikuti kegiatan Sosialisasi Integrasi Pelaksanaan Germas menuju Eliminasi Malaria dan kegiatan vaksinasi Covid-19.

SOLOK, METRO–Gerakan Masyarakat Hi­dup Sehat (GERMAS) dapat membantu untuk memini­ma­lisir penularan  penyakit malaria. Namun hal tersebut juga harus tetap diiringi dengan penerapan protokol kese­ha­tan (Prokes) Covid-19. Se­hingga nantinya dapat menga­tasi kemungkinan bertam­bahnya resiko atau beban masyarakat disaat Pandemi yang disebabkan oleh virus Corona.

“Penderita Malaria akan mudah terinfeksi penyakit lainnya yang disebabkan virus atau bahteri yang ada, terma­suk infeksi yang ditularkan virus Corona,” ujar Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra, kemarin.

Atas dasar itu, lanjutnya agar terhindar dari bahaya  serangan nyamuk Malaria, sangat perlu dilakukan kom­panye hidup sehat, makanan sehat, lingkungan sehat, serta melakukan pengendalian pe­nyakit menular dan penyakit tidak menular.

Rahmadhani saat memb­uka kegiatan Sosialisasi In­tegrasi Pelaksanaan Germas menuju Eliminasi Malaria dan Kegiatan Vaksinasi Covid-19, Kamis (22/7), di gedung Ku­bung Tigo Baleh Solok menga­takan, di Kota Solok, petugas medis dalam memberikan pelayanan kepada masyara­kat, terkait dengan penyakit malaria, diwajibkan untuk meng­gunakan alat pelindung diri (APK). Selain itu untuk menjaga agar petugas tidak tertular penyakit tersebut, juga dalam upaya mengatasi agar  tidak terinfeksi virus lainnya, seperti virus Corona.

Berkaitan dengan itu, di­ma­sa Pandemi yang disebab­kan virus Corona yang sam­pai saat ini belum diketahui kapan berakhirnya, petugas medis harus melakukan peme­riksaan disgnostik malaria dengan cara tes cepat (RDT). Dan secepatnya memberikan pengobatan kepada pasien bila hasil RDT nya positif, dan yang wajib untuk diketahui, obat penyakit yang disebabkan oleh terinfeksi virus Corona, tidak semuanya sama dengan obat penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Malaria.

Lalu Dhani mengahar­ap­kan, agar kota Solok terbebas dari kasus Malaria, sehingga sertifikat eliminasi malaria bisa tercapai dan didapatkan, tutur­nya seraya mengu­cap­kan salam sebelum turun dari mimbar yang dikua­sai­nya.

Kegiatan Sosialisasi Inte­grasi Pelaksanaan Germas menuju Eliminasi Malaria dan Kegiatan Vaksinasi Covid-19 tersebut, turut dihadiri oleh, anggota DPR RI dari Partai Golkar Komisi IX, Drs. H. Darul Siska, kepala Sub Koordinator Pengendalian Malaria Kemen­kes RI dan Rombongan, ketua DPRD Kota Solok, Hj.Nur­nis­ma,  plt. Kepala Dinas Kese­hatan Kota Solok, Ardinal, serta pemangku jabatan lainnya yang ada dilingkungan peme­tintah kota Solok. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional