Close

Gerakan Nasional Laut Bersih Tahun 2022, 16 Ton Sampah Diangkat, RI Penyumbang Sampah No.2 di Dunia

FOTO BERSAMA—Sebelum aksi bersih pantai, Danlantamal II Laksamana Pertama TNI Endra Sulistiyono foto bersama.

PADANG, METRO–Bertempat di Muara Padang,  ratusan orang prajurut Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) II, melibatkan TNI AD, AU, Polri, unsur maritim dan komponen masyaraka menggelar kegiatan karya bhakti program Laut bersih (Prolasih) yaitu Gerakan Nasional Laut Bersih Tahun 2022 dalam rangka HUT TNI AL ke 77 yang jatuh pada 10 September dipusatkan di Mako Kolinlamil di Tanjungperiuk.

Dipimpin langsung Komandan Lantamal Laksaman Pertama TNI Endra Sulistiyono, aksi  bersih bersih itu melibatkan belasan unit kapal termasuk kapal patroli Satkamla TNI AL, perahu karet mi­lik Korps Marinir dan pe­rahu nelayan serta kapal patrol milik unsur ma­ritim.

Dari aksi bersih bersih itu diperkirakan tim berhasil mengangkat sekitar 16 ton lebih sampah rumah tangga khususnya berba­han plastik. “Seluruh ke­giatan tersebut merupakan rangkaian dalam rangka memperingati sekaligus menyukseskan Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut  ke-77 yang jatuh pada tanggal 10 September Tahun 2022,” ujar Danlantamal II Laksamana Pertama TNI Endra Sulistiyono.

Dikatakan Endra Sulistiyono, saat ini Indonesia Negara ke dua di dunia penyumbang sampah di laut, khususnya sampah rumah tangga. Bayangkan itu, Indonesia tercatat Nomor 2 di dunia penyumbang sampah.Laut merupakan keranjang sampah terbesar.    Nah untuk itu kita berharap adanya ke­pedulian kita bersama untuk membersihkan laut dari sampah.

Namun sebut Endra Su­listiyono, secara bersamaan kegiatan ini  dilaksa­nakan serentak diseluruh jajaran TNI AL melalui Vi­deo Conference yang terpusat di Dermaga Mako Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta Utara yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E. M.M. dan dihadiri pejabat utama serta para tamu dan undangan lainnya. Prolasih yang digelar tahun 2022 merupakan karya bhakti TNI AL yang berkelanjutan oleh Lantamal II.

Harapannya kawasan wisata di sekitaran pantai Muara menjadi lingkungan yang bersih dan nyaman akan terwujud, sehingga dapat dinikmati siapa saja masyarakat yang datang berkunjung. Khususnya untuk peningkatan serta daya saing pariwisata di Provinsi Sumbar, khusus­nya Kota Padang. “Sebab kegitan ini juga merupakan progam yang dicanangkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudho Margono sebagai wujud kepedulian serta ikut membantu pro­gam Pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat luas,” tegas Endra Sulistiyono. (ped)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top