Menu

Gerakan Menanam Sejuta Pohon Cabai Sukses

  Dibaca : 1944 kali
Gerakan Menanam Sejuta Pohon Cabai Sukses

Walikota menyerahkan bibit kepada masayakat-posmetroweb

AIEPACAH, METRO– Gerakan menanam sejuta batang cabai di polibag dan pekarangan rumah yang sudah dicanangkan Pemko Padang sejak awal tahun lalu,  membuahkan hasil. Sejalan dengan program ini, kini warga Padang juga diimbau agar memanfaatkan semua lahan kosong dengan menanam tanaman produktif.

Wali Kota Padang Mahyeldi didampingi Kepala Dispernakbunhut Heryanto Rustam menyebut, potensi lahan kosong masih tinggi. Pemko sedang melakukan inventarisasi. Berdasarkan  hasil inventarisasi itu, diharapkan camat, lurah, penyuluh pertanian lapangan (PPL) dan organisasi kemasyarakatan dapat mengolah tanah kosong bersama pemilik.

“Kita berharap tidak ada lagi lahan produktif yang dibiarkan menganggur. Lahan itu harus diolah dan ditanami tamanan produktif agar lebih bermanfaat,” ujar
Mahyeldi dalam rapat pemanfaatan lahan kosong milik masyarakat dengan tanaman produktif di aula Balaikota Padang, Kmis (6/8). Hadir pada acara tersebut Dandim 0312 Padang, camat se-Kota Padang, lurah, kepala SKPD, kepala UPT kecamatan serta PPL.

Program pemanfaatan lahan kosong , kata Mahyeldi juga sejalan dengan program nasional Kementerian Pertanian RI untuk mencapai swasembada pangan di tahun 2017. Di mana secara nasional difokuskan  pada komoditi padi, jagung, dan kedelai.

Sedangkan untuk Kota Padang secara nasional, target produksi padi dalam rangka swasembada pangan tahun 2007 adalah sebesar 101.124 ton. Upaya khusus yang dilakukan untuk pencapaian swasembada pangan nasional adalah melalui kegiatan Pengembangan Optimasi Lahan (POL) seluas 2.000 ha dan kegiatan pengembangan jaringan irigasi tersier seluas 1.000 ha.

Kepala Dispernakbunhut Padang Heryanto Rustam mengatakan,  tanaman yang dianjurkan  untuk ditanam pada lahan kosong yaitu, tanaman holtikultura dan palawija. Seperti, jagung, ubi kayu, sirsak, sukun, cabai dan usaha ekonomi produktif lainnya, seperti perikanan darat.

Dispernakbunhut, kata Heriyanto siap memberikan bibit gratis kepada masyarakat yang membutuhkan. “Silahkan datang ke kantor kami. Nanti disediakan bibit gratis,” ujar pria yang juga ketua PPM Sumbar ini. (tin)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional